Advertisement

Gelar Pesta Nikah di Pura Mangkunegaran Solo, Kaesang dan Erina Catat Sejarah

Media Digital
Minggu, 27 November 2022 - 15:37 WIB
Arief Junianto
Gelar Pesta Nikah di Pura Mangkunegaran Solo, Kaesang dan Erina Catat Sejarah Menteri BUMN sekaligus salah satu panitia pernikahan Kaesang Pangarep dengan Erina Sofia Gudono, Erick Thohir, bersama kakak Mangkunagoro X, GRAj Ancillasura Marina Sudjiwo di Pura Mangkunegaran, Solo, Minggu (27/11/2022). - JIBI/Solopos.com

Advertisement

SOLO — Kaesang Pangarep dan Erina Sofia Gudono bakal mencatat sejarah sebagai pasangan pertama di luar kerabat keluarga Mangkunegaran yang menggelar pesta nikah di kompleks Pura Mangkunegaran Solo.

Hal itu disampaikan kakak KGPAA Mangkunagoro X, GRAj Ancillasura Marina Sudjiwo, ketika mendampingi sejumlah menteri melakukan simulasi persiapan pernikahan Kaesang dan Erina di Pura Mangkunegaran Solo, Minggu (27/11/2022). “Iya baru pertama ini, beliau kan putra bapak Presiden,” kata Ancillasura kepada wartawan.

Advertisement

PROMOTED:  Dari Garasi Rumahan, Kini Berhasil Perkenalkan Kopi Khas Indonesia di Kancah Internasional

Dia menjelaskan Pura Mangkunegaran menjadi lokasi tasyakuran sementara lokasi untuk serangkaian tradisi ngunduh mantu di rumah dinas Wali Kota Solo/ Loji Gandrung, Solo.

“Di Pura Mangkunegaran tidak ada [acara] adat [terkait pernikahan Kaesang-Erina],” jelasnya. Dia menjelaskan Kaesang dan Erina menggelar tasyakuran atau pesta nikah itu hampir mirip dengan royal dinner Pura Mangkunegaran Solo.

BACA JUGA: Dampak Perang Rusia Vs Ukraina: 6 Juta Penduduk Ukraina Hidup Tanpa Listrik

Ditanya apakah masyarakat umum bisa mengakses Pura Mangkunegaran untuk pesta pernikahan, Gusti Sura menjawab diplomatis. “Itu bisa dibicarakan nanti, sudah ada prosedurnya,” paparnya.

Menteri BUMN yang juga salah satu panitia pernikahan Kaesang dan Erina, Erick Thohir, mengatakan Pura Mangkunegaran sama seperti Taman Garuda Wisnu Kencana, Bali, yang dihormati masyarakat setempat.

“Fasilitas itu bisa untuk mencari peningkatan perekonomian dengan menunjukkan budaya. Yang namanya negara pop culture kan bagaimana kebudayaan itu dijadikan bagian dari pertumbuhan ekonomi,” ujarnya.

Seperti diketahui, putra bungsu Presiden Jokowi, Kaesang Pangarep, dan Erina Gudono akan menggelar pesta nikah di Pura Mangkunegaran, Solo, Minggu (11/12/2022), atau sehari setelah akad nikah di rumah Erina di Sleman.

Sedangkan acara adat ngunduh mantu akan digelar di Loji Gandrung. Dari Loji Gandrung, Kaesang-Erina dan keluarga akan naik kereta kencana dalam kirab menyusuri Jl. Slamet Riyadi yang diperkirakan bersamaan waktunya dengan agenda Car Free Day (CFD).

Rombongan kirab menggunakan kurang lebih 10 kereta kencana menuju lokasi pesta pernikahan di Pura Mangkunegaran. Panitia menyiapkan sembilan panggung hiburan yang bisa dinikmati masyarakat karena konsep pesta pernikahan itu juga sebagai pesta rakyat.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber : JIBI/Solopos.com

Advertisement

Video Terbaru

Advertisement

Advertisement

alt

Begini Wajah Baru Pasar Godean Setelah Direvitalisasi, Cantik

Sleman
| Sabtu, 04 Februari 2023, 12:57 WIB

Advertisement

alt

Kemegahan Desa Wisata Karangrejo Borobudur Menyimpan Kisah Menarik Bersama Ganjar

Wisata
| Sabtu, 04 Februari 2023, 11:17 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement