Advertisement

Pengamat Nilai Indonesia Sukses Gelar KTT G20

Akbar Evandio
Rabu, 16 November 2022 - 20:17 WIB
Bhekti Suryani
Pengamat Nilai Indonesia Sukses Gelar KTT G20 Momen Presiden Joko Widodo (Jokowi) selfie dengan wartawan usai KTT G20 Bali di auditorium BICC, Nusa Dua, Bali pada Rabu (16/11 - 2022). Dok. Youtube Setpres RI.

Advertisement

Harianjogja.com, MANGUPURA – Pemerintah Indonesia dinilai sukses menjalankan Presidensi G20 Indonesia sepanjang 2022. Puncak acara Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) G20 berhasil melahirkan G20 Bali Declaration Leaders.

"Dalam penyelenggaraan, sampai saat ini sudah sukses. Karena sudah berjalan dan ada beberapa pertemuan seperti working group, bilateral, dan pertemuan lainnya. Dari segi ini sudah berhasil," kata Analis Hubungan Internasional Badan Riset dan Inovasi Nasional (BRIN), Adriana Elisabeth, Rabu (16/11/2022).

Advertisement

PROMOTED:  5 Mitos dan Fakta Kesehatan Anak ala Tokopedia Parents

Menurut Adriana, menjadi tuan rumah untuk KTT G20 di tengah konflik antara Rusia dan Ukraina bukan sesuatu yang mudah.

Apalagi, dia melanjutkan ketika 17 dari 20 kepala negara dan kepala pemerintahan anggota G20 hadir di konferensi, hal itu merupakan pencapaian yang luar biasa.

“Indonesia bisa meyakinkan negara-negara G20 untuk hadir di Bali,” ujarnya.

Poin keberhasilan Indonesia sebagai tuan rumah KTT G20, lanjut Adriana, juga dari datang dari ungkapan apresiasi sejumlah pemimpin negara, salah satunya Presiden Amerika Serikat (AS) Joe Biden.

"Ada pernyataan terima kasih dan hormat atas kepemimpinan Indonesia selama satu tahun ini, karena komitmen pada upaya perbaikan ekonomi, kesehatan, dan perubahan iklim global," ujarnya.

Adriana menjelaskan, dengan keberhasilan Indonesia sebagai Presidensi G20, Indonesia akan disegani di mata internasional. Para negara anggota G20 dan dunia memperhitungkan Indonesia karena memiliki potensi sebagai kekuatan penengah.

Advertisement

"Konsensus-konsensus yang dihasilkan dalam forum di G20 mewarnai tata kelola ekonomi global dan tata kerja yang konkret untuk isu kesehatan, perubahan iklim, dan ekonomi digital. Ini harus terimplementasi nantinya, termasuk di tingkat nasional," imbuhnya.

Dia menambahkan peran media juga sangat penting untuk mengangkat dan menyiarkan tentang G20 dengan semua keberhasilannya.

"Bahwa ini bukan persoalan mudah untuk presidensi kita karena ada perang yang berdampak secara global," pungkas Adriana.

Advertisement

Sementara Juru Bicara (Jubir) Kementerian Luar Negeri (Kemenlu) RI, Teuku Faizasyah mengungkapkan semua negara peserta G20 memang berkomitmen turut menyukseskan keberhasilan KTT G20 di Bali Indonesia.

BACA JUGA: Tanpa Pawang Hujan, BMKG Sukses Kendalikan Cuaca saat KTT G20 Bali

Presiden RI Joko Widodo (Jokowi) dalam beberapa kesempatan pertemuan bilateral pun dikatakan Teuku Faizasyah telah juga menerima secara langsung apresiasi atas kepemimpinan Indonesia tersebut.

“Dalam pertemuan bilateral dengan Presiden Amerika, Presiden Turki, PM jepang, Presiden EU Council, PM Australia, juga menyampaikan dukungannya untuk turut menyukseskan Presidensi Indonesia pada penyenggaraan KTT G20,” tandas Faizasyah.

PROMOTED:  Kisah Dua Brand Kecantikan Lokal Raup Untung dari Tokopedia: Duvaderm dan Guele

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber : JIBI/Bisnis.com

Advertisement

Video Terbaru

Advertisement

Piala Dunia 2022

Advertisement

alt

Sleman Inklusi Siap Wujudkan Disabilitas Unggul

Sleman
| Kamis, 08 Desember 2022, 00:27 WIB

Advertisement

alt

Jalan Layang Paling Membingungkan di Dunia, Perlu 10 Menit Keluar Kalau Salah Jalur

Wisata
| Rabu, 07 Desember 2022, 23:07 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement