Advertisement

Penembakan di Sekolah Rusia, Korban Tewas hingga 13 Orang

John Andhi Oktaveri
Selasa, 27 September 2022 - 03:27 WIB
Bhekti Suryani
Penembakan di Sekolah Rusia, Korban Tewas hingga 13 Orang Penembakan di Sekolah Rusia Tewaskan 13 Orang - Ilustrasi senjata api. ANTARA/Yulius Satria Wijaya

Advertisement

Harianjogja.com, JAKARTA - Penembakan di sebuah sekolah di Kota Izhevsk, Rusia menewaskan sedikitnya 13 orang. Informasi itu disampaikan oleh kantor berita TASS mengutip Komite Investigasi Rusia.

Penyelidik sebelumnya mengatakan bahwa seorang pria bersenjata membunuh sembilan orang yang terdiri dari lima anak, dua guru, dan dua penjaga keamanan. Kemudian, sang pelaku bunuh diri.

Advertisement

Namun, hingga kini motif penembakan di ibu kota wilayah Udmurtia, sekitar 970 km timur Moskow tersebut, tidak jelas.

Kementerian Dalam Negeri cabang Udmurtia mengatakan mayat pria bersenjata itu ditemukan oleh polisi di tempat kejadian. 

"Sebanyak 13 orang [tewas] akibat kejahatan ini. Enam orang dewasa dan tujuh anak di bawah umur," menurut Komite Investigasi Rusia dalam sebuah pernyataan seperti dikutip The Moscow Times, Senin (26/9/2022).

Komite tersebut menambahkan, 14 anak-anak dan tujuh orang dewasa lainnya terluka dalam kejadian itu. Pihak berwenang sebelumnya mengumumkan jumlah korban tewas sembilan orang tetapi tidak memerinci apakah itu termasuk tersangka penembak.

Penyelidik mengatakan dua penjaga keamanan dan dua guru termasuk di antara para korban. Mereka menuturkan, penyerang kemudian bunuh diri usai melakukan aksinya. 

"Dia mengenakan atasan hitam dengan simbol Nazi dan balaclava. Ia juga tidak membawa identitas apapun," ujar penyelidik.

BACA JUGA: Pengajuan Pembatalan Izin 4 Hotel di Jogja Mandek

Gubernur wilayah itu Alexander Brechalov mengkonfirmasi adanya korban dan luka-luka di antara anak-anak. Dia berbicara dalam sebuah pernyataan video di luar sekolah No.88 di Izhevsk.

Petugas penyelamat dan medis terlihat di latar belakang, beberapa berlari di dalam sekolah dengan tandu. Kementerian Kesehatan Rusia menyebut 14 tim ambulans dikerahmam di tempat kejadian untuk membantu korban terluka.

Brechalov menyatakan masa berkabung di wilayah itu berlangsung hingga Kamis.

Izhevsk merupakan ibu kota regional Repulik Udmurt Rusia. Kota ini berpenduduk sekitar 630.000 orang.

Serangan itu terjadi hanya beberapa jam setelah seorang pria melepaskan tembakan dan melukai seorang petugas perekrutan di sebuah pusat pendaftaran di Siberia.

Penembakan terakhir di sekolah besar Rusia terjadi pada April lalu. Saat itu, seorang pria bersenjata melepaskan tembakan di sebuah taman kanak-kanak di wilayah Ulyanovsk tengah, menyebabkan seorang guru dan dua anak tewas.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber : JIBI/Bisnis.com

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

alt

Sambut Pemudik dan Wisatawan Libur Lebaran 2024, Begini Persiapan Pemkab Gunungkidul

Gunungkidul
| Jum'at, 29 Maret 2024, 11:47 WIB

Advertisement

alt

Mengenal Pendopo Agung Kedhaton Ambarrukmo, Kediaman Sultan Hamengku Buwono VII

Wisata
| Senin, 25 Maret 2024, 20:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement