Advertisement

Begini Skema Uji Coba Kompor Listrik untuk Masyarakat Miskin

Muhammad Ridwan
Jum'at, 23 September 2022 - 21:37 WIB
Budi Cahyana
Begini Skema Uji Coba Kompor Listrik untuk Masyarakat Miskin Sejumlah peserta memasak menggunakan kompor induksi di halaman kantor PLN UP3 Kota Bogor, Jawa Barat, Jum'at (15/2/2019). - Antara/Arif Firmansyah

Advertisement

Harianjogja.com, JAKARTA—Menteri Energi dan Sumber Daya Manusia (ESDM) Arifin Tasrif mengungkapkan rencana skema uji coba penggunaan kompor listrik untuk masyarakat miskin atau menangah ke bawah.

Arifin mengungkapkan uji coba penggunaan kompor listrik menyasar untuk seluruh kalangan masyarakat. Namun, saat ini kompor listrik masih diminati masyarakat menengah ke atas yang mampu meningkatkan daya listriknya.

"Nah, yang masyarakat bawah dicoba beberapa yang paket percobaan itu, suka atau tidak, kalau suka nanti kita lihat skemanya," ujarnya di Kantor Kementerian ESDM, Jumat (23/9/2022).

PROMOTED:  YouGov: Tokopedia Jadi Brand Paling Direkomendasikan Masyarakat Indonesia

Arifin mengungkapkan kompor listrik yang tengah diuji coba memiliki dua jenis daya yakni 900 volt ampere (VA) dan 2.200 VA. Dia mengungkapkan golongan rumah tangga 450 VA perlu menambah daya agar bisa menggunakan kompor listrik tersebut. Pemerintah akan memastikan untuk menjaga tarif yang digunakan golongan masyarakat tersebut agar tidak membebani.

Arifin mengungkapkan pemerintah akan terus menguji coba penggunakan kompor listrik hingga menemukan skema yang cocok untuk diterapkan.

BACA JUGA: Artis Prilly Latuconsina Bakal Jadi Dosen di UGM

"[Uji coba] sampai akhir tahun," ujar dia.

Pemerintah tahun ini akan memberikan paket kompor listrik yang ditargetkan kepada 300.000 masyarakat. Paket tersebut diberikan secara gratis sebagai implementasi dari program konversi kompor listrik dari kompor elpiji 3 kg pada tahun ini.

Pemberian paket kompor listrik diberikan kepada masyarakat yang terdaftar di Data Terpadu Kesejahteraan Sosial (DTKS), dan memiliki listrik.

Advertisement

Advertisement

Video Terbaru

Advertisement

Advertisement

alt

Peringkat Pertama Keterbukaan Informasi, Pemkot Jogja Berjanji Tingkatkan Pelayanan

Jogja
| Kamis, 29 September 2022, 21:17 WIB

Advertisement

alt

Suka Liburan, Yuk Patuhi 5 Etika Saat Berwisata

Wisata
| Senin, 26 September 2022, 22:37 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement