Advertisement

Hadirkan Novelis Gol A Gong, Perpuskot Magelang Gelar Talk Show

Nina Atmasari
Kamis, 15 September 2022 - 04:27 WIB
Arief Junianto
Hadirkan Novelis Gol A Gong, Perpuskot Magelang Gelar Talk Show Suasana saat gelar wicara Pembudayaan Gemar Membaca di Era Digital, Rabu (14/9/2022). - Harian Jogja/Nina Atmasari

Advertisement

KOTA MAGELANG - Perpustakaan Umum Kota Magelang mengadakan talkshow bertajuk Pembudayaan Gemar Membaca di Era Digital dalam rangka Hari Kunjungan Perpustakaan yang diperingati setiap 14 September.

Kegiatan ini sekaligus sebagai sarana sosialisasi budaya baca dan literasi, Dinas Perpustakaan dan Kearsipan (Disperpusip) Kota Magelang.

Advertisement

Narasumber yang dihadirkan antara lain Duta Baca Indonesia, Heri Hendrayana Harris (Gol A Gong); Wakil Wali Kota Magelang M. Mansyur; dan Ketua DPRD Kota Magelang Budi Prayitno.

Gelar wicara tersebut diikuti sebanyak 150 peserta yang berasal dari pelajar SMP, SMA, pengelola perpustakaan sekolah, perguruan tinggi, pegiat literasi, pemerhati perpustakaan, anggota aktif perpustakaan umum Kota Magelang dan sebagainya.

BACA JUGA: Lagi-Lagi Kebocoran Data, 102 Juta Data KTP Muncul di Darkweb, Diduga dari Kemensos

Kepala Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kota Magelang, Arif Barata Sakti menjelaskan, kehadiran narasumber Wakil Wali Kota Magelang dan Ketua DPRD Kota Magelang bertujuan untuk mendukung kebijakan berkaitan dengan pembudayaan gemar membaca.

"Sedangkan Gol A Gong sebagai Duta Baca Indonesia dapat mengampanyekan dan sharing pengalamannya dalam dunia literasi. Semoga dengan adanya kegiatan ini dapat menambah wawasan, meningkatkan kegemaran membaca dan kunjungan ke Perpustakaan Kota Magelang," terang Arif, Rabu (14/9/2022).

Arif menambahkan, saat ini hampir semua aktivitas didukung oleh fasilitas serta digital. Terlebih lagi, pascapandemi Covid-19 yang secara tidak langsung mengubah segala aktivitas salah satunya kegiatan membaca, baik cara, materi hingga medianya dalam bentuk digital.

Sementara, membaca sangat penting dilakukan untuk meningkatkan pengetahuan dan wawasan mendukung kemajuan kehidupan bangsa. Oleh sebab itu, salah satu upaya Disperpusip memanfaatkan teknologi untuk meningkatkan minat baca masyarakat di era digital adalah dengan menyediakan aplikasi perpustakaan digital iMagelang.

"Dengan mengunduh iMagelang dari playstore di ponsel masing-masing, masyarakat dapat memiliki akses membaca buku digital di mana pun dan kapan pun," imbuhnya.

Pada kesempatan tersebut, dilakukan juga pemberian penghargaan kepada lima anggota perpustakaan teraktif tahun ini, yakni Hanan Rachmawati (SD Al Firdaus), Muhammad Hafizh A.S (SMP 11), Fransisca Usmany (SMA Putra Mandiri), Jonathan Vittorio Ega Sujono (Untidar), dan Kenya Ayu Budiwati (masyarakat umum).

Wakil Wali Kota Magelang M. Mansyur menuturkan, sebuah kebahagiaan atas kesediaan Gol A Gong hadir di Kota Magelang, sehingga diharapkan dapat membangkitkan motivasi kita semua untuk semakin dekat dengan perpustakaan dan menjadikan membaca sebagai budaya bangsa.

"Kota Magelang yang secara konsisten menyelenggarakan kegiatan-kegiatan yang bertujuan memupuk kecintaan masyarakat terhadap membaca dan menulis, serta menghargai arsip, sebagai bagian dari upaya mendukung keberhasilan visi mewujudkan Kota Magelang yang maju, sehat, dan bahagia," ucap Mansyur.

Mansyur menyebutkan, memang kondisi pandemi berpengaruh pada angka kunjungan perpustakaan. Mengutip dari datago.magelangkota.go.id, pada 2019 tercatat total 116.467 kunjungan ke Perpustakaan Umum Kota Magelang. Sementara pada tahun berikutnya, menurun drastis ke angka 25.511 kunjungan.

Pada 2021, angka tersebut sudah naik tiga kali lipat. "Alhamdulillah, hingga Juni 2022 tercatat sudah ada 108.292 kunjungan ke perpustakaan. Menjadi komitmen kita semua untuk mendorong masyarakat agar menjadikan perpustakaan sebagai ruang publik terbuka, tempat berbagi pengalaman, ekspresi, dan pengembangan talenta serta ruang belajar sepanjang hayat," ungkap Mansyur.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Terbaru

Advertisement

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

Advertisement

alt

Viral Balon Udara Tiba-tiba Mendarat di Runway Bandara YIA

Jogja
| Sabtu, 20 April 2024, 08:17 WIB

Advertisement

alt

Kota Isfahan Bukan Hanya Pusat Nuklir Iran tetapi juga Situs Warisan Budaya Dunia

Wisata
| Jum'at, 19 April 2024, 20:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement