Advertisement

Menkominfo Suruh Masyarakat Jaga Data Pribadi, Warganet Ribut

Rio Sandy Pradana
Minggu, 04 September 2022 - 11:27 WIB
Bernadheta Dian Saraswati
Menkominfo Suruh Masyarakat Jaga Data Pribadi, Warganet Ribut Menteri Komunikasi dan Informatika (Menkominfo) Johnny G. Plate memberikan penjelasan di Jakarta, Kamis (7/11/2019). Bisnis - Triawanda Tirta Aditya

Advertisement

Harianjogja.com, JAKARTA - Pernyataan Menteri Komunikasi dan Informatika (Menkominfo) Johnny G. Plate yang mengimbau masyarakat untuk menjaga data pribadinya masing-masing termasuk nomor induk kependudukan (NIK) justru menuai banjir kritikan warganet di Twitter

Seperti yang dicuitkan akun @tickolatianto yang menggunakan analogi dalam menyampaikan kritiknya. Ketika Satpam kompleknya nyuruh pemilik rumah untuk jaga rumahnya masing² setelah ada pencuri masuk.

Senada, akun @_hhydrangea juga menuliskan, Pemerintah yg kasih aturan ini itu kudu pake NIK, pas bocor masyarakat sendiri yg disuruh jaga NIK. Terus jaganya tuh kek mana klo ini itu aja disuruh masukin NIK???????

PROMOTED:  YouGov: Tokopedia Jadi Brand Paling Direkomendasikan Masyarakat Indonesia

Baca juga: Sedang Tayang di Bioskop, Ini Sinopsis Film Mumun

Selain itu, warganet menyoroti soal pernyataan Menkominfo yang meminta masyarakat tidak sembarangan memberikan NIK kepada orang lain atau pihak ketiga.

Akun @aditya_herlamba menulis, kalau kaya gitu regis SIM ga usa tanya NIK dong.. saya ga mau sembarangan kasi data ke kominfo, dah gak percaya.

Sebelumnya, Menkominfo Johnny mengimbau masyarakat untuk menjaga data pribadinya masing-masing secara lebih ketat dan melarang untuk menyalahkan pihak lain.

Johnny mengimbau masyarakat untuk menjaga data pribadinya yang berupa NIK agar tidak disalahgunakan oleh orang lain. Masyarakat diminta memiliki tanggung jawab atas NIK-nya sendiri.

"Tidak boleh hanya salah-salahan, tetapi harus dicari penyebabnya dan di mana," jelas Johnny dalam pembukaan Digital Innovation Network (DIN) G20, Sabtu (3/9/2022).

Advertisement

Dia menegaskan masyarakat jangan menyalahkan pihak manapun, tetapi harus bisa menjaga dan mengontrol terkait data pribadi agar tidak dipakai orang selain diri sendiri.

Advertisement

Video Terbaru

Advertisement

Advertisement

alt

Lakukan PKM, Tim UAD Dukung Program Indonesia Bebas Stunting

Gunungkidul
| Kamis, 29 September 2022, 10:27 WIB

Advertisement

alt

Suka Liburan, Yuk Patuhi 5 Etika Saat Berwisata

Wisata
| Senin, 26 September 2022, 22:37 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement