Advertisement

Dukung Industri Kreatif, JNE Berkolaborasi dengan Seniman Yogyakarta

Media Digital
Jum'at, 12 Agustus 2022 - 16:37 WIB
Bhekti Suryani
Dukung Industri Kreatif, JNE Berkolaborasi dengan Seniman Yogyakarta Kolaborasi JNE dan seniman Jogja - Ist

Advertisement

Harianjogja.com, JOGJA--Ada yang baru dari tampilan visual mobil operasional JNE Cabang Utama Yogyakarta. Seperti "lukisan berjalan", tampak samping dan belakang mobil operasional JNE terlihat lebih cerah sekaligus estetis atau "nyeni".

Sebagai perusahaan dengan networking terbesar di Indonesia, JNE hadir di setiap kota besar Indonesia. Dan setiap kota punya cerita dan kekhasan sendiri.

Dikenal luas sebagai "kota pendidikan" dan "kota budaya", Yogyakarta juga punya sisi lain yang tak kalah menariknya, yakni kota seni, khususnya seni rupa. Tak hanya punya situs dan festival seni yang ikonik seperti Museum Affandi dan Festival ArtJog, Yogyakarta juga tak kekurangan seniman lokal muda yang memanfaatkan mural di ruang publik sebagai media berkesenian.

PROMOTED:  YouGov: Tokopedia Jadi Brand Paling Direkomendasikan Masyarakat Indonesia

Seorang di antaranya adalah Setsu. Seniman kelahiran 1993 alumni ISI Yogyakarta ini dikenal aktif dalam seni mural di Kota Yogyakarta. Setsu mulai aktif melukis sebagai hobi sejak tahun 2007, dan di tahun 2014, ia mulai membangun kolektif kreatif bersama teman-temannya untuk proyek-proyek seni yang lebih profesional.

Kiprah Setsu menarik perhatian JNE Cabang Utama Yogyakarta sekitar pertengahan 2021. Layaknya gayung bersambut, JNE pun mengajak Setsu berkolaborasi untuk menggambar mural di dua titik sekaligus, yaitu di Kantor JNE Sleman dan JNE Klaten.

Di awal Juni 2022 kolaborasi kreatif tersebut berlanjut ke mobil operasional JNE. Sebagai permulaan ada 2 unit mobil operasional yang dilukis Setsu. Dalam beberapa bulan mendatang, jumlah mobil operasional JNE bergambar sosok Joni yang membawa tema "connecting happiness" akan bertambah.

"JNE ingin memberi kesempatan kepada seniman muda untuk maju dan berkembang, sekaligus mengapresiasi karya-karya mereka," tutur Adi Subagyo Kepala Cabang JNE Yogyakarta kepada JNEWS mengenai kolaborasi ini.

Setsu mengakui bahwa Ia ingin belajar dari kolaborasi ini. "Semoga kolaborasi ini dapat berjalan baik dan lancar," ujar seniman yang lebih senang menggunakan identitas Setsu ini. Ia juga berharap kerjasama semacam ini membawa manfaat bagi kedua belah pihak bahkan lebih jauh Ia memiliki keinginan turut mengembangkan UKM dengan karyanya baik untuk desain produk maupun showroom UKM bertema Setsu.

Beberapa tahun terakhir pertumbuhan pelaku UMKM lokal di Yogyakarta cukup pesat. Sebagai perusahaan asli Indonesia, JNE sangat aktif berkolaborasi dan mempromosikan pertumbuhan pelaku industri kreatif di Yogyakarta

Advertisement

Menurut Adi Subagyo, kolaborasi kreatif seperti ini akan terus berlanjut. "JNE terbuka untuk berkolaborasi dengan pihak-pihak eksternal sepanjang bersifat positif. Antara lain, JNE juga berkolaborasi dengan seniman lain yaitu Farid Stevy untuk desain t-shirt JNE yang digunakan sebagai official merchandise," pungkasnya. (**)

Advertisement

Video Terbaru

Advertisement

Advertisement

alt

Lakukan PKM, Tim UAD Dukung Program Indonesia Bebas Stunting

Gunungkidul
| Kamis, 29 September 2022, 10:27 WIB

Advertisement

alt

Suka Liburan, Yuk Patuhi 5 Etika Saat Berwisata

Wisata
| Senin, 26 September 2022, 22:37 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement