Advertisement

Kota-kota Ini Terancam Tenggelam karena Pemanasan Global, Jakarta Salah Satunya

Mia Chitra Dinisari
Minggu, 24 Juli 2022 - 22:17 WIB
Arief Junianto
Kota-kota Ini Terancam Tenggelam karena Pemanasan Global, Jakarta Salah Satunya Ilustrasi properti di Jakarta - Reuters - Darren Whiteside

Advertisement

Harianjogja.com, JAKARTA -- Pemanasan global adalah proses pemanasan Bumi secara bertahap. Selama sekitar satu abad terakhir, kenaikan suhu Bumi ini telah meningkat secara signifikan, dan itulah yang mengkhawatirkan.

Dengan gaya hidup populasi manusia, telah terjadi peningkatan dramatis dalam pembakaran bahan bakar fosil yang menyebabkan peningkatan konsentrasi gas rumah kaca di atmosfer.

Kenaikan suhu bumi ini menyebabkan gelombang panas yang hebat, mencairnya lapisan es dan naiknya permukaan laut.

Dengan naiknya permukaan laut, sebagian besar tempat yang dekat dengan laut menghadapi bahaya tenggelam. Sayangnya, banyak dari tempat-tempat ini adalah kota-kota besar.

Berikut ini beberapa tempat di dunia yang terancam menghilang karena adanya pemanasan global yang kian meresahkan seperti dilansir dari Times of India.

1. Jakarta, Indonesia

Jakarta terletak tepat di sebelah Laut Jawa dan sudah mengalami erosi akibat kenaikan permukaan laut. Ditambah dengan pemompaan air tanah yang berlebihan yang terjadi di kota untuk mendukung penduduknya, yang menyebabkan tanah tenggelam. Jadi kalau kita gabungkan tenggelamnya daratan dan naiknya permukaan air laut, hasil akhirnya adalah Jakarta akan tenggelam dalam waktu dekat.

2. Kota New York, AS

Itu dikelilingi oleh perairan Samudra Atlantik. Kota ini baru-baru ini mengalami banyak bencana alam seperti badai dan banjir. Ketika kenaikan permukaan laut digabungkan dengan bencana alam ini, sangat jelas bahwa, jika tidak semua, sebagian besar Kota New York dapat tenggelam dalam beberapa tahun dari sekarang.

3. Miami, Amerika Serikat

Advertisement

Penelitian menunjukkan bahwa pada akhir abad ini, sangat mungkin kota Miami akan tenggelam. Sudah, permukaan laut Miami naik lebih cepat daripada yang lain, yang menyebabkan seringnya banjir dan masalah terkait banjir lainnya seperti kontaminasi air minum dan perusakan properti.

4. Venesia, Italia

Venesia tenggelam dengan cepat dan telah mengalami beberapa banjir paling serius yang pernah ada. Kota ini bahkan memperkenalkan sistem penahan banjir di seluruh kota untuk membantu mengatasi masalah banjir, tetapi tindakan pencegahan ini tidak begitu efektif; pada tahun 2020, kota ini kembali mengalami banjir yang sangat serius.

Advertisement

5. Dhaka, Bangladesh

Studi menunjukkan bahwa sebagian besar ibu kota Bangladesh akan terendam air pada awal 2050. Tidak hanya itu, lebih dari 70% negara itu akan menghadapi banjir yang menghancurkan karena naiknya permukaan laut. Kota ini sudah menghadapi masalah genangan air yang besar, yang hanya akan menambah masalah yang akan dihadapi masyarakat.

6. Rotterdam, Belanda

Lebih dari 90% kota sudah berada di bawah permukaan laut. Meskipun kota Rotterdam memiliki sistem penyimpanan air yang sangat besar untuk memerangi banjir, sudah menjadi rahasia umum bahwa sistem penyimpanan air ini akan meluap setelah beberapa saat.

Advertisement

7. Lagos, Nigeria

Kota terbesar di negara itu memiliki garis pantai yang rendah dan erosi garis pantainya adalah salah satu tantangan terbesar yang dihadapi Nigeria dalam hal pemanasan global. Ini akan menjadi tugas besar bagi negara untuk merelokasi penduduk pesisir ke tempat yang lebih aman. Jelas bahwa tanpa beberapa tindakan pencegahan drastis, tidak mungkin menghentikan kehancuran kota yang sedang menuju.

8. Bangkok, Thailand

Advertisement

Dengan kota yang saat ini tenggelam dengan kecepatan lebih dari 1 cm per tahun, Bangkok menghadapi ancaman serius tenggelamnya air, lebih cepat dari yang diperkirakan.

Advertisement

Video Terbaru

Advertisement

Streaming Starjoja FM
alt

Ini Pesan Sultan HB X di HUT ke-77 Kemerdekaan RI

Jogja
| Rabu, 17 Agustus 2022, 17:57 WIB

Advertisement

alt

Tiket Masuk Borobudur dan Pulau Komodo Naik, Sandiaga Uno: Tidak Semua Tiket Destinasi Naik!

Wisata
| Senin, 15 Agustus 2022, 23:57 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement