Advertisement

Hari Anak Nasional, Puan Maharani Ingatkan RUU KIA

Surya Dua Artha Simanjuntak
Minggu, 24 Juli 2022 - 03:27 WIB
Bernadheta Dian Saraswati
Hari Anak Nasional, Puan Maharani Ingatkan RUU KIA Ketua DPR Puan Maharani, Rabu (3/11/2021). JIBI - Bisnis/Nancy Junita

Advertisement

Harianjogja.com, JAKARTA — Ketua DPR Puan Maharani mengingatkan pentingnya Rancangan Undang-undang Kesejahteraan Ibu dan Anak (RUU KIA) dalam Hari Anak Nasional 2022.

Puan mengatakan RUU KIA penting untuk menjamin anak mendapat hak-haknya. Lewat RUU KIA, jelasnya, negara punya kewajiban memastikan kesejahteraan yang baik anak dan juga ibu.

Advertisement

“RUU KIA bertujuan untuk mewujudkan rasa aman serta tentram bagi ibu dan anak. Termasuk meningkatkan kualitas hidup ibu dan anak yang lebih baik untuk mencapai kesejahteraan lahir dan batin,” jelasnya dalam laman resmi DPR, Jumat (23/7/2022).

Selain itu, RUU KIA dinilai dapat melindungi ibu dan anak dari tindakan kekerasan, penelantaran dan segala pelanggaran HAM lainnya. Dengan begitu, menurut Puan, tercipta sistem kesejahteraan anak yang terarah, terpadu, dan berkelanjutan di Indonesia.

Puan juga menyoroti pentingnya ketersediaan fasilitas kesehatan bagi anak, bahkan sejak masih dalam kandungan. Dia mengatakan RUU KIA dapat memastikan hal tersebut.

“Tentunya juga terkait hak mendapatkan ASI, hak mendapat sarana/prasarana penunjang di fasilitas umum seperti tempat bermain, hingga tempat penitipan anak di tempat kerja dan di lokasi penyedia layanan lainnya,” ungkapnya.

Puan menegaskan pemenuhan hak anak akan menjadi jaminan bagi masa depan Indonesia.

Hari Anak Nasional sendiri dirayakan pada 23 Juli setiap tahunnya. Tahun ini, tema Hari Anak Nasional adalah Anak Terlindungi, Indonesia Maju.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber : Bisnis.com

Advertisement

Video Terbaru

Advertisement

Advertisement

alt

Miris! Setiap Hujan deras Lebih dari 2 Jam, SMK Negeri di Bantul Ini Pasti Tergenang Air

Bantul
| Minggu, 29 Januari 2023, 15:17 WIB

Advertisement

alt

Tanggal Tua tapi Pengin Piknik? Bisa kok

Wisata
| Minggu, 29 Januari 2023, 07:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement