Advertisement

Harga Rumah Subsidi Kemungkinan Naik Tahun Depan, Begini Perhitungannya

Dea Andriyawan
Jum'at, 15 Juli 2022 - 22:27 WIB
Budi Cahyana
Harga Rumah Subsidi Kemungkinan Naik Tahun Depan, Begini Perhitungannya Pekerja beraktivitas di proyek pembangunan perumahan subdisi di kawasan Ciseeng, Kabupaten Bogor, Jawa Barat, Sabtu (15/1/2022). - JIBI/Bisnis.com/Arief Hermawan P

Advertisement

Harianjogja.com, BANDUNG - Harga rumah bersubsidi kemungkinan besar akan naik tahun depan. Kasubdit Sistem Manajemen Investasi (SMI) Kemenkeu Iman Widhi memprediksikan kenaikan harga rumah subsidi bagi masyarakat berpenghasilan rendah (MBR) pada 2023 mendatang.

Menurutnya, pemerintah saat ini masih menghitung dan mengkaji besaran kenaikan yang akan ditetapkan pada harga jual rumah subsidi. Hal tersebut dilakukan untuk menyikapi kenaikan harga bahan bangunan yang rata-rata mencapai 30 persen.

Advertisement

PROMOTED:  5 Mitos dan Fakta Kesehatan Anak ala Tokopedia Parents

BACA JUGA: Semester I/2022, Total Penumpang di YIA Tembus 1,29 Juta Orang

"Saya pikir ini menjadi konsen kita semua, tapi kita mempertimbangkan semua aspek, jadi memang ekonomi kita mulai tumbuh, tapi kita harus melihat semua aspek jangan sampai tiba-tiba naik," imbuhnya saat ditemui di Perumahan Prima Swarga Residence, Kabupaten Bandung, Jumat (15/7/2022).

Ia mengatakan memang memang kondisi saat ini sulit menaikan harga perumahan subsidi yang merupakan kebutuhan dasar masyarakat berpenghasilan rendah. Terlebih dalam dua tahun terakhir pandemi Covid-19 melanda Indonesia.

"Saya tidak menjanjikan bisa naik tahun ini, tapi pemerintah pasti melihat kebijakan dari sisi lain. Masih dihitung untuk dan dirapatkan, pemerintah pasti memayungi semua pihak, baik pengembang tetap untung maupun MBR agar tidak terlalu berat," jelasnya.

Meski demikian, ia memastikan saat ini pihaknya terus memantau agar penyaluran perumahan subsidi MBR ini tepat sasaran.

"Kami dari pemerintah ingin memastikan subsidi yang diberikan oleh pemerintah itu tepat sasaran, kualitasnya juga terjaga, dan yang lebih dari pada itu penerimanya MBR, yang bagian dari warga negara indonesia bisa tersenyum mereka punya rumah yang merupakan kebutuhan yang paling dasar," ungkapnya.

Advertisement

Melalui subsidi ini lanjut Iman, pemerintah berkomitmen untuk terus memenuhi kebutuhan perumahanndan tentunya tepat sasaran.

"Ke depan kita akan menyidak dan memastikan yang dilakukan pemerintah tepat sasaran," jelasnya.

Sementara itu, Direktur PT Koprima Sandysejahtera Priyo Untomo mengaku pihaknya berkomitmen untuk terus mendukung kebijakan pemerintah dalam memenuhi kebutuhan rumah subsidi bagi MBR.

Advertisement

"Kami sangat konsen terhadap target pemerintah menyediakan rumah subsidi terhadap MBR, kami juga menjamin, penyalurannya tepat sasaran," imbuhnya.

BACA JUGA: Proyek Kelok 18 JJLS Bantul-Gunungkidul Tersendat Tanah Tutupan, Ini Penjelasannya

Di sisi lain, ia juga berharap adanya penyesuaian harga jual rumah subsidi. Pasalnya, kenaikan bahan baku bangunan saat ini berisiko pada penurunan kualitas bangunan.

"kualitas yang diharapkan juga tepat dan tentuu kami berharap biaya-biaya menyesuaikan dengan kondisinya, tapi kita tetap akan jaga kualitas sesuai dengan peraturan pemerintah," imbuhnya.

PROMOTED:  Kisah Dua Brand Kecantikan Lokal Raup Untung dari Tokopedia: Duvaderm dan Guele

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber : JIBI/Bisnis.com

Advertisement

Video Terbaru

Advertisement

Berita Terbaru

Advertisement

Advertisement

Advertisement

Piala Dunia 2022

Advertisement

alt

Ini Alasan Pembangunan Tol Jogja YIA Didahulukan daripada Tol Jogja Solo di Ring Road Utara

Jogja
| Jum'at, 09 Desember 2022, 06:47 WIB

Advertisement

alt

Ikut Genjot Kualitas SDM Desa Wisata, Ini yang Dilakukan oleh BCA

Wisata
| Kamis, 08 Desember 2022, 23:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement