Advertisement

Mengenang Momen Shinzo Abe Balas Cuitan Jokowi dengan Bahasa Indonesia

Surya Dua Artha Simanjuntak
Sabtu, 09 Juli 2022 - 04:27 WIB
Budi Cahyana
Mengenang Momen Shinzo Abe Balas Cuitan Jokowi dengan Bahasa Indonesia Presiden Joko Widodo dan mantan PM Jepang Shinzo Abe - Setpres/Laily

Advertisement

Harianjogja.com, JAKARTA — Pada 28 Agustus 2020, tak lama setelah Shinzo Abe mundur dari jabatannya sebagai Perdana Menteri (PM) Jepang, Presiden Joko Widodo (Jokowi) mengucapkan terima kasih kepada Abe melalui cuitan di akun Twitter.

Selain berterima kasih, Jokowi mengenang masa awal ketika dia menjabat sebagai orang nomor satu di Indonesia. Jokowi mengatakan Abe adalah salah satu pemimpin dunia yang pertama kali dia temui setelah jadi presiden pada 2014.

Advertisement

Menurut Jokowi, di bawah kepemimpinan Abe hubungan kerja sama antara Indonesia dan Jepang semakin erat. Dia pun menutup cuitan itu dengan doa. Jokowi berharap agar Abe selalu diberi kesehatan.

Dalam cuitan tersebut, Jokowi turut menyertakan foto dirinya dengan Abe yang sedang berjabat tangan. Kedua pemimpin tampak senyum menghadap kamera. Mereka serasi memakai jas berwarna biru. Bedanya, jas Abe sedikit lebih gelap.

Ternyata, cuitan tersebut dibalas Abe dengan Bahasa Indonesia. Padahal, Jokowi mencuit dalam Bahasa Inggris.

“Perkenankan saya mengucapkan terima kasih yang setulus-tulusnya atas pesan hangat yang telah Yang Mulia tulis,” cuit Abe.

Abe membalas cuitan Jokowi setelah dua hari. Setidaknya, ada 5.000 pengguna Twitter yang mencuit ulang cuitan Abe tersebut. Bahkan, cuitan tersebut disukai tak kurang dari 23.000 orang.

“Ucapan terima kasih juga saya tujukan kepada Yang Mulia beserta segenap rakyat Indonesia atas persahabatan yang telah terjalin selama saya menjabat sebagai Perdana Menteri,” tutup Abe.

Shinzo Abe meninggal dunia usai ditembak saat kampanye di Nara, Jepang pada , Jumat (8/7/2022). Upaya penyelamatan tak mampu menolong mantan PM Jepang itu.

Pemimpun dunia, termasuk Presiden Jokowi menyampaikan ucapan belasungkawa atas meninggalnya Shinzo Abe. Jokowi berharap keluarga mantan PM Jepang Shinzo Abe dan masyarakat Jepang diberikan kekuatan di masa sulit tersebut.

"Izinkan saya untuk menyampaikan belasungkawa terdalam kami atas kematian tragis mantan PM Abe Shinzo dari Jepang," kata Jokowi melalui akun twitter @jokowi, Jumat (8/7/2022).

Jokowi menegaskan bahwa kontribusi Shinzo Abe dalam memperkuat kerjasama RI-Jepang akan selalu dikenang oleh Indonesia.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber : JIBI/Bisnis.com

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

alt

Lomba Dirikan Tenda Darurat Meriahkan HUT Ke-20 Tagana

Jogja
| Sabtu, 20 April 2024, 16:47 WIB

Advertisement

alt

Kota Isfahan Bukan Hanya Pusat Nuklir Iran tetapi juga Situs Warisan Budaya Dunia

Wisata
| Jum'at, 19 April 2024, 20:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement