Advertisement

Turunkan Kadar Gula pada Nasi, RYOKAI Karya UII Solusi Bagi Penderita Diabetes

Sirojul Khafid
Sabtu, 02 Juli 2022 - 20:37 WIB
Sirojul Khafid
Turunkan Kadar Gula pada Nasi, RYOKAI Karya UII Solusi Bagi Penderita Diabetes Tim ROGER saat berada dalam pameran pruduk beberapa waktu lalu.

Advertisement

Harianjogja.com, SLEMAN—Mengonsumsi nasi putih mungkin terlihat biasa saja bagi masyarakat umum. Namun makanan dengan kadar gula yang cukup tinggi ini menjadi kendala, terutama bagi penderita diabetes mellitus. Konsumsi nasi putih dengan kadar gula terlampau tinggi bisa memperburuk kondisi tubuh.

Satu solusi hadir dari mahasiswa dan mahasiswi Universitas Islam Indonesia (UII) yang tergabung dalam start up ROGER. Melalui produk rice cooker bernama Reducer of Glycemic Indeks in Rice (RYOKAI), kini masyarakat bisa menurunkan kadar gula pada nasi putih.

Advertisement

PROMOTED:  5 Mitos dan Fakta Kesehatan Anak ala Tokopedia Parents

Chief Executive Officer ROGER, Nurul hidayah, mengatakan RYOKAI bekerja menggunakan mekanisme alat berupa kombinasi thermo regulator dan sentrifugasi. Sehingga alat ini bisa menurunkan kadar glikemik, utamanya yang berupa amilosa.

BACA JUGA: Start-up Netraku Asal UII, Upaya Menyejahterakan Tunanetra

“Berbeda dengan rice cooker pada umumnya, RYOKAI memiliki keunggulan 3 in 1 yaitu menanak nasi rendah glukosa agar kesehatan dapat terjaga. Selain itu, alat ini juga easy to carry dengan menggunakan konsep one hand handle. Sehingga mudah untuk dibawa kemana-mana. Alat ini cocok bagi masyarakat yang memiliki mobilitas yang tinggi,” kata Nurul, Selasa (28/6/2022). “Tidak hanya itu, RYOKAI telah mendapatkan persetujuan Uji Etik Kesehatan dan terdaftar Hak kekayaan intelektual.”

ROGER, start up yang berada dalam bimbingan Inkubasi Bisnis dan Inovasi Bersama (IBISMA) UII ini telah menguji RYOKAI. Pengujian mulai dari uji kebocoran arus, usability dan ergonomy, sampai keamanan dalam penggunaan.

“RYOKAI juga sudah diuji melalui uji laboratorium dan uji klinis,” katanya. “Dalam pengujian, hasilnya menunjukan adanya penurunan kadar gula di dalam nasi putih produksi RYOKAI sebesar 20-27%, dengan perubahan gula darah paska konsumsi nasi putih RYOKAI sebesar 18% lebih rendah dibandingkan nasi konvensional.”

BACA JUGA: USY-BOX, Alat dari UII untuk Deteksi Urin dengan Kamera

Advertisement

Hasil ini menunjukan apabila nasi putih hasil RYOKAI bisa dikonsumsi oleh penderita diabetes mellitus, penyakit kronis, dan para penggiat kesehatan. Dengan konsep RYOKAI ‘Your Healthy Rice Cooker’, alat ini bisa digunakan baik secara pribadi, rumah makan, atau lainnya.

“Melihat kebutuhan ini, harapannya RYOKAI bisa diproduksi secara massal. Inovasi ini juga diharapkan mendapatkan respon yang positif dari masyarakat serta institusi pengembangan research dan teknologi di Indonesia,” kata Nurul.

PROMOTED:  Kisah Dua Brand Kecantikan Lokal Raup Untung dari Tokopedia: Duvaderm dan Guele

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Video Terbaru

Advertisement

Berita Terbaru

Advertisement

Advertisement

Advertisement

Piala Dunia 2022

Advertisement

alt

Ciri Khas Tiap Kemantren Berkumpul di Festival Jogja Kota 2022

Jogja
| Jum'at, 02 Desember 2022, 23:47 WIB

Advertisement

alt

Sambut Natal, Patung Cokelat Sinterklas Terbesar di Indonesia Ada di Hotel Tentrem Jogja

Wisata
| Jum'at, 02 Desember 2022, 23:57 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement