Advertisement

Perang Hari ke-129: Presiden Ukraina Kecam Serangan Rusia di Odesa

Lukman Nur Hakim
Sabtu, 02 Juli 2022 - 11:27 WIB
Bernadheta Dian Saraswati
Perang Hari ke-129: Presiden Ukraina Kecam Serangan Rusia di Odesa Warga membersihkan puing-puing di sebelah gedung perkantoran yang ditembaki malam sebelumnya di dekat pusat kota Kharkiv saat serangan Rusia ke Ukraina di Kharkiv, Ukraina. REUTERS - Leah Millis

Advertisement

Harianjogja.com, JAKARTA-Serangan Rusia ke Ukraina sudah memasuki hari ke-129 atau sudah memasuki minggu ke-18 dari serangan awal yang mereka lakukan.

Pada hari ini, Presiden Ukraina, Volodymyr Zelensky mengecam apa yang dilakukan pasukan Rusia di wilayah Odesa. Sebab, dalam serangan tersebut Zelensky menganggap Rusia melakukannya dengan sengaja dan mengakibatkan tewasnya 21 orang di wilayah Odesa.

Selain kejadian tersebut terdapat beberapa kejadian lain yang terjadi pada hari ke-129 ini.

Melansir dari Guardian, Sabtu (02/7/2022) berikut rangkuman perang Rusia vs Ukraina hari ke-129:

Ukraina Tuduh Rusia Gunakan Senjata Fosfor

Hal ini dikatakan oleh tentara Ukraina yang melihat pesawat-pesawat SU-30 angkatan udara Rusia dua kali melakukan serangan dengan bom fosfor di pulau Zmiinyi. Diketahui, hal ini terjadi pada sehari setelah penarikan pasukan Rusia di pulau ular wilayah Laut Hitam.

Uni Eropa Singgung Masalah Lingkungan Dalam Pemulihan Ukraina

Komisaris Uni Eropa pada bidang lingkungan, Virginijus Sinkevicius memperingatkan bahwa dampak lingkungan dari konflik yang terjadi akan berpengaruh kepada generasi selanjutnya. 

Virginijus melihat bagaimana kondisi lingkungan di Ukraina dalam perang dengan Rusia akan sangat rusak dan perlunya pembenahan yang di bidang lingkungan yang lebih diperhatikan.

Zelensky Mulai Hubungi Para Pimpinan Amerika Latin

Per hari ini, Zelensky sudah menghubungi beberapa pimpinan dari negara Amerika Latin untuk mencari dukungan kepada negara tersebut. Selain itu, komunikasi yang dilakukan oleh Zelensky merupakan cara dirinya untuk membuka dan menjalin hubungan baik dengan pemimpin di negara- negara latin.

Amerika Serikat Kembali Beri Bantuan ke Ukraina

Hari ini, AS kembali memberikan bantuan sebesar US$820 juta. Diketahui, bantuan tersebut mencakup beberapa peralatan perang seperti sistem rudal udara baru dan radar kontra artileri untuk menanggapi serangan jarak jauh Rusia.

Perdana Menteri Inggris Dapat Gelar Kehormatan di Rusia

Boris Johnson, telah menerima gelar Warga Kehormatan Odesa. Pada hari ini, walikota Odesa, Henadiy Trukhanov, menandatangani perintah dan memberikan Johnson sebuah lencana Kehormatan Hryhoryia Marazly derajat I, II, III, yang secara otomatis memberinya gelar kehormatan dari pemerintah Odesa, Ukraina.

Advertisement

Advertisement

Video Terbaru

Advertisement

Berita Terbaru

Advertisement

Advertisement

Advertisement

Streaming Starjoja FM
alt

Anak-anak SD di Jogja Diajak Mengenal Sejarah Persandian di Museum Sandi

Jogja
| Sabtu, 13 Agustus 2022, 13:17 WIB

Advertisement

alt

Menikmati Pemandangan Tujuh Gunung dari Ngablak Magelang

Wisata
| Jum'at, 12 Agustus 2022, 13:57 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement