Advertisement

Jaga Kadar Gula Tubuh dengan Aplikasi IDEMES Karya UII

Sirojul Khafid
Jum'at, 01 Juli 2022 - 21:37 WIB
Sirojul Khafid
Jaga Kadar Gula Tubuh dengan Aplikasi IDEMES Karya UII Para anggota perancang IDEMES saat menguji alat beberapa waktu lali. - Istimewa

Advertisement

Harianjogja.com, SLEMAN—Kesadaran kesehatan yang semakin baik membuat masyarakat turut memperhatikan kadar gula yang masuk dalam tubuhnya. Meski sayangnya, belum semua tempat makan dan minum sadar atau menyediakan informasi kadar gula produknya.

Salah satu permasalahan ini yang sepertinya menjadi fokus mahasiswa dan mahasiswi Universitas Islam Indonesia (UII) melalui aplikasi IDEMES. Berjalan sejak 2019, inovasi bidang kesehatan IDEMES awalnya membuat alat penakar gula pasir otomatis.

Advertisement

Menurut Chief Technology Officer IDEMES, Andri Ruslam, ide ini berawal dari pengalaman pribadi salah satu tim perancang. “Saat minum di sebuah rumah makan, rasanya sangat manis. Seperti tidak ada standar tingkat kemanisan dari minuman tersebut,” kata Andri, Selasa (28/6/2022).

BACA JUGA: Start-up Netraku Asal UII, Upaya Menyejahterakan Tunanetra

Setelah membuat produk penakar gula pasir otomatis, ide terus berkambang menjadi alat penakar gula pasir dan pengukur gula darah non-invasive (tanpa melukai) yang terintegrasi dengan smartphone. Integrasi alat ini untuk memudahkan pengguna dalam memonitoring kadar gula darah dan konsumsi gula pasir setiap harinya.

“IDEMES dibuat dengan menggunakan konsep ergonomis yang mudah digenggam dan mudah dibawa kemana-mana, dikarenakan bobotnya yang ringan,” katanya.

Untuk semakin memudahkan pengguna, metode penyambungan alat dan aplikasi IDEMES menggunakan koneksi Bluetooth. Sehingga pengguna tetap bisa menggunakan alat ini meski tidak terhubung dengan internet.

BACA JUGA: USY-BOX, Alat dari UII untuk Deteksi Urin dengan Kamera

“Saat ini tim IDEMES masih terus mengembangkan produknya, terutama pada bagian tingkat akurasi alat. Sehingga nantinya dapat setara dengan alat pengukuran gula darah lainnya, seperti glukometer. Saat ini aplikasi IDEMES sudah bisa diunduh di Play Store,” kata Andri.

Pengembangan aplikasi yang berada dalam bimbingan Inkubator dan Bisnis Bersama (IBISMA) UII ini sebelumnya pernah berajang di Passage to ASEAN (P2A), sebuah kompetisi bisnis internasional.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

alt

Jadwal Terbaru! KRL Jogja-Solo Sabtu 20 April 2024, Berangkat dari Stasiun Tugu dan Lempuyangan

Jogja
| Sabtu, 20 April 2024, 00:57 WIB

Advertisement

alt

Pengunjung Kopi Klotok Membeludak Saat Libur Lebaran, Antrean Mengular sampai 20 Meter

Wisata
| Minggu, 14 April 2024, 18:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement