Advertisement

Rusia Tawarkan Investasi Transportasi di Proyek Ibu Kota Baru di Kalimantan

Hadijah Alaydrus
Jum'at, 01 Juli 2022 - 07:37 WIB
Budi Cahyana
Rusia Tawarkan Investasi Transportasi di Proyek Ibu Kota Baru di Kalimantan Presiden Joko Widodo di Moskow, Rusia, Kamis (30/6/2022). - Setpres

Advertisement

Harianjogja.com, JAKARTA - Dalam pertemuan dengan Presiden Joko Widodo atau Jokowi di Istana Kremlin, Rusia, Kamis (30/6/2022), Presiden Vladimir Putin mendorong kerja sama bisnis dalam sektor infrastruktur transportasi dan logistik di Ibu Kota Negara (IKN).

Salah satu yang disinggung Putin adalah transportasi kereta api. "Russian Railways dapat mengambil bagian dalam mengimplementasikan inisiatif skala besar Indonesia untuk memindahkan ibu kota negara ke pulau Kalimantan," kata Putin.

Advertisement

Putin pun menegaskan bahwa ibu kota Rusia, Moskow, yang telah berkembang dengan kecepatan yang sangat baik dan dengan peningkatan kualitas yang tinggi siap berpartisipasi dalam proyek yang benar-benar ambisius ini.

Selain menyinggung soal infrastruktur IKN, Putin juga menyampaikan kemungkinan pembukaan kembali penerbangan langsung dari Moskow ke Bali.

Hal lain yang disampaikan Putin kepada Jokowi adalah kesediaan BUMN Rusia Rosatom State Corporation untuk bergabung dalam proyek teknologi nuklir untuk bidang kesehatan dan pertanian di Indonesia.

Kepada Putin, Jokowi menyampaikan terkait dengan dukungan dirinya untuk upaya PBB reintegrasi komoditas pangan dan pupuk Rusia dan komoditas pangan Ukraina dalam rantai pasok dunia.

"Khusus untuk jalur ekspor produk pangan Ukraina, terutama melalui jalur laut, saya sangat menghargai Presiden Putin yang tadi menyampaikan bahwa memberikan jaminan keamanan pasokan pangan dan pupuk dari Ukraina maupun Rusia, ini sebuah berita yang baik," paparnya.

Selepas pertemuan ini, Jokowi dan rombongan melanjutkan perjalanan ke Uni Emirat Arab, Abu Dhabi. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber : JIBI/Bisnis.com

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

alt

LKPJ Gubernur DIY 2023, DPRD Beri Catatan soal Penurunan Kemiskinan Belum Capai Target

Jogja
| Jum'at, 29 Maret 2024, 13:17 WIB

Advertisement

alt

Mengenal Pendopo Agung Kedhaton Ambarrukmo, Kediaman Sultan Hamengku Buwono VII

Wisata
| Senin, 25 Maret 2024, 20:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement