Advertisement

Antisipasi Kemacetan Saat Libur Iduladha, Dishub Semarang Dirikan Posko Pantau

Jumali
Jum'at, 24 Juni 2022 - 22:17 WIB
Jumali
Antisipasi Kemacetan Saat Libur Iduladha, Dishub Semarang Dirikan Posko Pantau Foto ilustrasi arus lalu lintas - Harian Jogja/Gigih M. Hanafi

Advertisement

Harianjogja.com, SEMARANG — Dinas Perhubungan (Dishub) Kota Semarang telah menyiapkan sejumlah posko untuk memantau arus lalu lintas kendaraan di sejumlah pusat keramaian di wilayah tersebut, saat libur Iduladha.

Posko pemantauan ditempatkan di depan kantor Dinas Kesehatan Kota di Jalan Pandanaran dan di ujung Jalan Kauman-Wahid Hasyim.

Advertisement

Kepala Dinas Perhubungan (Dishub) Kota Semarang, Endro P Martanto mengatakan, pihaknya melihat tahun lalu titik keramaian ada di Masjid Besar Kauman yang menyelenggarakan Solat Id dan penyembelihan hewan kurban. Karena itu pihaknya akan menyiapkan personel Dishub untuk ikut membantu kelancaran arus lalu lintas kendaraan di sekitar masjid.

“Akan ada petugas Dishub untuk ikut membantu mengatur arus lalin, dengan dibackup oleh petugas kepolisian setempat,” katanya dikutip dari laman Pemkot Semarang, Jumat (24/6/2022).

Dia mengatakan, pihaknya akan menyiagakan sekitar 250 petugas untuk ditempatkan di titik keramaian aktivitas masyarakat tersebut.

“Kami siapkan 250 personel saat Idul Adha mendatang,” katanya.

Menurut Endro, kenaikan jumlah kendaraan pada saat Hari Iduladha diperkirakan tidak akan sampai terjadi limpasan kendaraan di jalan. Mengingat perayaan Iduladha yang akan jatuh pada Sabtu dan Minggu (9-20/7) nanti juga merupajan hari libur sehingga kemungkinan limpasan pemudik tidak akan signifikan.

Selain itu titik keramaian dimungkinkan juga terjadj di tempat wisata, Kawasan Kotalama dan pusat oleh-oleh atau kuliner di Jalan Pandanaran.

Namun, untuk di titik-titik ini pihaknya akan tetap memantau pergerakan lalu lintas kendaraan di ATCS Room kantor Dishub. Jika mulai terjadi kepadatan arus lalu lintas pihaknya akan segera mengambil langkah antisipasi.

“Di ATCS room akan memantau situasi arus lalin di simpang-simpang jalan protokol Kota Semarang 24 jam,” ucap Endro.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

alt

Soimah Pancawati Masuk Radar Calon Bupati Bantul, PDIP Akan Sodorkan Formulir

Bantul
| Jum'at, 19 April 2024, 18:32 WIB

Advertisement

alt

Sambut Lebaran 2024, Taman Pintar Tambah Wahana Baru

Wisata
| Minggu, 07 April 2024, 22:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement