Advertisement

BMKG: Sejumlah Wilayah Bakal Terdampak Siklon Malakas Termasuk Jogja  

Newswire
Senin, 11 April 2022 - 12:07 WIB
Bhekti Suryani
BMKG: Sejumlah Wilayah Bakal Terdampak Siklon Malakas Termasuk Jogja   Foto ilustrasi. - Ist/Freepik

Advertisement

Harianjogja.com, JAKARTA--Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) menyatakan bahwa Siklon Tropis Malakas yang berada di Samudra Pasifik timur Filipina meningkatkan potensi hujan di beberapa bagian wilayah Indonesia. Salah stau wilayah yang terdampak adalah Jogja.

Menurut informasi prakiraan cuaca yang disiarkan melalui saluran YouTube BMKG, Senin (11/4/2022), kehadiran siklon tropis tersebut selain memicu terjadinya gelombang tinggi juga dapat meningkatkan kecepatan angin dan pertumbuhan awan hujan.

Dengan memperhitungkan dampak dari kehadiran siklon tropis itu, BMKG memprakirakan bagian wilayah Pulau Sumatera seperti Kota Banda Aceh, Pekanbaru, Jambi, Bengkulu, Palembang, Tanjung Pinang, dan Pangkal Pinang mengalami hujan ringan dan Kota Medan menghadapi potensi hujan yang dapat disertai petir.

BACA JUGA: Kelapa Belum Banyak Diolah, Padahal Bisa Atasi Kelangkaan Minyak Goreng

Di Pulau Jawa, hujan dengan intensitas ringan diprakirakan terjadi di Kota Serang, Jakarta Pusat, dan Semarang; hujan dengan intensitas sedang berpeluang turun di Kota Yogyakarta; dan hujan yang disertai petir berpotensi terjadi di Kota Bandung.

Beberapa bagian wilayah Pulau Kalimantan juga menghadapi potensi hujan. Hujan ringan diprakirakan turun di Kota Palangka Raya dan Samarinda, hujan dengan intensitas sedang berpeluang turun di Kota Pontianak, dan hujan yang disertai petir berpotensi terjadi di Kota Tanjung Selor.

Hujan dengan intensitas ringan juga diprakirakan terjadi di Kota Mataram, Palu, Gorontalo, Ambon, dan Jayapura.

Sementara itu, Kota Ternate diprakirakan mengalami hujan dengan intensitas sedang dan Kota Manokwari berpeluang menghadapi hujan disertai petir.

 

Advertisement

Video Terbaru

Advertisement

Berita Terbaru

Advertisement

Advertisement

Advertisement

Streaming Starjoja FM
alt

Listrik Jogja Padam 3 Jam Hari Ini, Cek waktu dan Lokasinya!

Jogja
| Selasa, 09 Agustus 2022, 10:27 WIB

Advertisement

alt

Dulu Dipenuhi Perdu Liar, Kini Pantai Goa Cemara Jadi Primadona Baru Wisata di Bantul

Wisata
| Senin, 08 Agustus 2022, 15:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement