Advertisement

Jokowi Tebar Janji Tahun Depan Dana Desa Diupayakan Naik

Rahmad Fauzan
Selasa, 29 Maret 2022 - 17:17 WIB
Bhekti Suryani
Jokowi Tebar Janji Tahun Depan Dana Desa Diupayakan Naik Presiden Joko Widodo memberikan keterangan di Istana Bogor, Jawa Barat, Kamis (8/1/2022). Bisnis - Fanny Kusumawardhani

Advertisement

Harianjogja.com, JAKARTA -- Presiden Joko Widodo atau Jokowi mengupayakan untuk menambah anggaran dana desa tahun depan. Tahun ini, pemerintah pusat mengalokasikan Rp68 triliun untuk dana desa. 

Hal tersebut disampaikan Jokowi ketika menjadi pembicara di acara Silaturahmi Nasional (Silatnas) Desa 2022 yang diselenggarakan di Istora Senayan, Jakarta, Selasa (29/3/2022). 

Advertisement

"Sebelumnya sudah sempat direncanakan untuk meningkatkan anggaran desa tapi terhalang pandemi Covid-19. Tahun depan [dana desa] diupayakan naik," kata Jokowi. 

Namun, serapan dana desa masih rendah. Dari total anggaran desa yang disalurkan tahun ini, Jokowi mengatakan nilai yang terserap masih sebesar Rp13,5 persen atau senilai Rp9,17 triliun, per data hingga 28 Maret 2022.

Total, pemerintah pusat telah menyalurkan anggaran senilai Rp468,6 triliun dalam bentuk dana desa. Penyaluran tertinggi dilakukan pada tahun lalu dengan total anggaran mencapai Rp72 triliun.

BACA JUGA: Nikah di Dalam Gua, Pasangan di Gunungkidul Ini Pakai Mahar Walang Goreng

Terdapat beberapa pos yang kemungkinan akan menjadi target dari rencana pemerintah untuk menambah alokasi anggaran dana desa tahun depan, di antaranya gaji kepala desa dan biaya operasional. 

Dalam pernyataannya, Jokowi menyetujui untuk mengupayakan kenaikan gaji kepala desa serta mengalokasikan sebesar 3 persen dari total anggaran desa untuk biaya operasional. 

Berdasarkan data pemerintah, saat ini terdapat total 74.961 desa di seluruh Indonesia yang masih dalam proses pembangunan. Terutama, pembangunan sentra ekonomi.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber : JIBI/Bisnis.com

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Terbaru

Advertisement

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

Advertisement

alt

Viral Balon Udara Tiba-tiba Mendarat di Runway Bandara YIA

Jogja
| Sabtu, 20 April 2024, 08:17 WIB

Advertisement

alt

Kota Isfahan Bukan Hanya Pusat Nuklir Iran tetapi juga Situs Warisan Budaya Dunia

Wisata
| Jum'at, 19 April 2024, 20:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement