Advertisement

Komentari Ceramah Oki Setiana Dewi tentang KDRT, Begini Kata Gus Miftah

Annasa Rizki Kamalina
Jum'at, 04 Februari 2022 - 00:27 WIB
Budi Cahyana
Komentari Ceramah Oki Setiana Dewi tentang KDRT, Begini Kata Gus Miftah Oki Setiana Dewi - Antara

Advertisement

Harianjogja.com, JAKARTA – Video ceramah Oki Setiana Dewi tentang kekerasan dalam rumah tangga (KDRT) yang viral di media sosial memancing komentar ulama kondang Gus Miftah.

Dalam ceramahnya, Oki menceritakan kisah sebuah pasangan suami istri di Jeddah, Arab Saudi. Dia mengatakan meski sang istri ditampar oleh suaminya, tapi dia tidak mengadukan perilaku sang suami ke orang tuanya. Hal itu ia lakukan sebagai bentuk ketaatan kepada suami dan demi menutupi aib suaminya.

Video berdurasi 1 menit 47 detik yang juga diunggah oleh akun Twitter @NUgarislucu banjir komentar dari warganet. Mereka mengecam ceramah Oki yang dinilai membolehkan KDRT.

PROMOTED:  YouGov: Tokopedia Jadi Brand Paling Direkomendasikan Masyarakat Indonesia

Miftah Maulana Habiburrahman atau yang akrab disapa Gus Miftah mengomentasi. Melalui akun Pengajian Gus Miftah @pgmoraaji mengatakan ada dua pilihan ketika menghadapi pasangan.

“Kita membayangkan pasangan yang sempurna, tapi kita menikah dengan orang yag tidak sempurna, maka bagi kita hanya ada 2 pilihan: singkirkan bayangan itu dan terimalah orangnya, atau singkirkan orangnya dan nikmatilah KDRT-nya," ujarnya melalui akun Twitter, Kamis (3/2/2022).

“Lebih baik memilih pasangan yang sederhana tapi menenangkan, dari pada terlihat sempurna namun menyakitkan.”

Sebelumnya, dalam ceramahnya, Oki mengatakan bahwa perempuan sering melebih-lebihkan cerita ketika sedang sakit hati. Sosok istri yang diceritakan ini bukannya marah tapi berusaha menutupi kelakuan suaminya. Tindakan sang istri pun membuat hati suaminya luluh.

Banyak warganet yang menyayangkan isi ceramah dari aktris yang juga pendakwah tersebut. Mereka beranggapan bahwa kakak dari Ria Ricis ini meminta para istri untuk diam dan menutupi aib jika suami melakukan kekerasan. Meskipun demikian, banyak juga warganet yang menyampaikan pembelaan terhadap Oki.

Advertisement

Advertisement

Video Terbaru

Advertisement

Advertisement

alt

Dukcapil Gunungkidul Siap Perkenalkan Aplikasi Identitas Kependudukan Digital

Gunungkidul
| Selasa, 27 September 2022, 09:47 WIB

Advertisement

alt

Suka Liburan, Yuk Patuhi 5 Etika Saat Berwisata

Wisata
| Senin, 26 September 2022, 22:37 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement