Begini Curhat Pilot Pesawat yang Terbang di Sekitar Gunung Semeru

Seorang pilot menceritakan persiapannya saat terbang di atas Gunung Semeru. - Instagram
07 Desember 2021 06:27 WIB Novita Sari Simamora News Share :

Harianjogja.com, JAKARTA - Kapten Ruud Van Pangemanan membagikan pengalaman mengendalikan pesawat terbang dari Jakarta-Denpasar, yang harus melewati Gunung Semeru.

Ruud mengunggah kisahnya sebelum terbang saat berada di Bandara Soekarno Hatta. Dia menaiki pesawat LGM, Lion Air.

"Pagi ini saya akan terbang ke Denpasar. Penerbangan kali ini bakal seru, karena akan melewati Gunung Semeru," ungkapnya seperti dikutip dari Instagram, Senin (6/12/2021).

Ruud juga berdoa agar pesawat yang dibawanya tidak terkena dampak dari debu Gunung Semeru. Sebelum terbang, dia menuturkan bahwa cuaca di sebelah Timur dalam kondisi berawan.

Sebelumnya, AirNav Indonesia sempat menyarankan semua pesawat tujuan Denpasar, Lombok dan Kupang untuk tidak melewati rute penerbangan tertentu, terkait dengan Gunung Semeru meletus pada Sabtu (4/12/2021).

Hingga saat ini, erupsi Gunung Semeru telah menyebabkan 14 orang meninggal dan 56 orang dalam kondisi luka-luka. 

Sehari setelah erupsi Gunung Semeru, Pusat Vulkanologi dan Mitigasi Bencana Geologi (PVMBG) melaporkan hingga Minggu (5/12/2021) pukul 00.27 WIB telah terjadi 34 kali gempa terkait dengan Gunung Semeru meletus.

Berdasarkan laman Magma Indonesia, telah terjadi 34 kali gempa Letusan/Erupsi dengan amplitudo 10-21 mm, dan lama gempa 50-150 detik. Hari ini, status Gunung Semeru adalah Level II Waspada.

Sumber : JIBI/Bisnis.com