Advertisement

Letusan Semeru Jadi Sorotan Media Internasional, Pemerintah Diminta Siaga

John Andhi Oktaveri
Minggu, 05 Desember 2021 - 09:47 WIB
Sunartono
Letusan Semeru Jadi Sorotan Media Internasional, Pemerintah Diminta Siaga Gunung Semeru di Kabupaten Lumajang, Jawa Timur yang mengalami erupsi disertai memuntahkan awan panas guguran, pada Sabtu (4/12/2021) sekitar pukul 15.00 WIB. - Istimewa

Advertisement

Harianjogja.com, JAKARTA - Meletusnya Gunung Semeru yang memaksa ribuan penduduk mengungsi mendapat porsi pemberitaan yang luas dari media internasional.

Aljazeera.com, misalnya, dalam laporan utama edisi kemarin memberitakan sedikitnya satu orang tewas dan puluhan menderita luka bakar parah setelah gunung berapi di provinsi Jawa Timur Indonesia itu meletus kemarin. Berita yang sama juga diulas oleh media AS seperti CNN.com dengan judul yang hampir sama “Ribuan orang mengungsi akibat Gunung Semeru meletus”.

Advertisement

Video yang dibagikan pada Sabtu oleh Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) yang menunjukkan warga berlarian panik ketika asap dan abu yang menjulang menyelimuti beberapa desa terdekat di kabupaten Lumajang mendapat sorotan media seperti TheGurdian.com hingga BBC.com dan media asing lainnya seperti New York Times.

Dua orang lainnya dilaporkan hilang dan delapan orang terjebak di puing-puing, kata pihak berwenang sebagaimana dikutip Aljazeera.com, Minggu (5/12/2021).

Media tersebut mengutip pernyataan Kepala Badang Geologi Eko Budi Lelono yang mengatakan adanya petir dan hujan berhari-hari, yang mengikis dan akhirnya meruntuhkan kubah lava di atas Semeru setinggi 3.676 meter (12.060 kaki) sebagai pemicu letusan.

Dia mengatakan aliran gas dan lava yang membakar mengalir hingga 800 meter (2.624 kaki) ke sungai terdekat setidaknya dua kali kemarin. Orang-orang disarankan untuk tinggal 5 kilometer (3,1 mil) dari mulut kawah, menurut badan tersebut.

Sementara itu, Wakil Ketua Dewan Perwakilan Daerah (DPD) RI, Sultan Najamudin meminta pemerintah dalam hal ini Kementerian Sosial dan segenap Satuan Kerja Perangkat Daerah (SKPD) untuk siaga penuh melakukan evakuasi dan menyiapkan segala kebutuhan pangan dan sandang warga di sekitar kawasan Gunung Semeru.

“Kami harap pemerintah daerah dan Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB), setempat siaga penuh untuk memastikan semua masyarakat terdampak segera mendapatkan fasilitas kamp pengungsian dan kebutuhan pangan serta sandangnya”, kata Sultan melalui keterangan tertulisnya kepada wartawan, Minggu (5/12/2021).

Meskipun jarang menimbulkan korban jiwa yang signifikan, menurutnya, bencana erupsi gunung merapi seringkali menyebabkan kerugian materi masyarakat dan dampak psikologis yang traumatik. Karena itu distribusi bantuan bahan makanan dan pakaian adalah hal yang harus diprioritaskan.

“Tercukupinya pangan dan sarana sanitasi di camp pengungsian sangat penting bagi kesehatan dan imunitas para korban. Apalagi di tengah situasi pandemi Covid-19 yang mulai menunjukkan tanda-tanda peningkatan”, ujarnya.

Dalam konteks ini, tambahnya, semua kementerian terkait dan pemerintah daerah harus berkolaborasi menangani para korban.

Mulai dari kebutuhan masker dan suplai pangan yang cukup dan seimbang. Pastikan semua pengungsi aman dari paparan Covid, ujarnya.

Sebagaimana diberitakan Gunung Semeru yang berada di Kabupaten Lumajang, Jawa Timur, mengalami erupsi disertai awan panas guguran dan hujan abu vulkanik cukup tebal pada Sabtu sore (4/12/2021)

Ratusan warga di Desa Sumberwuluh, Kabupaten Lumajang, Jawa Timur, dilaporkan mulai mengungsi akibat peristiwa tersebut.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber : JIBI/Bisnis Indonesia

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

alt

Masuk Radar PKB, Sutrisna Wibawa : Semua Masih Cair

Gunungkidul
| Kamis, 18 April 2024, 16:07 WIB

Advertisement

alt

Sambut Lebaran 2024, Taman Pintar Tambah Wahana Baru

Wisata
| Minggu, 07 April 2024, 22:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement