Cegah Omicron Lewat Vaksinasi Covid-19

Salah satu pelajar mengikuti vaksinasi Covid-19. - Ist
04 Desember 2021 18:27 WIB Newswire News Share :

Harianjogja.com, JOGJA--Vaksinasi menjadi salah satu langkah efektif dalam mencegah penyebaran virus corona yang terus bermutasi. Saat ini varian baru bernama Omicron bermunculan di beberapa negara, bahkan sudah sampai ke negara tetangga, Malaysia. Oleh karena itu vaksinasi terus digencarkan terutama menyasar warga yang belum divaksin.

Dokter RS Lapangan Sleman Edwin Prayogi menjelaskan pencegahan terhadap varian Omicron sangat penting dilakukan, karena saat ini negara tetangga seperti Singapura dan Malaysia sudah ditemukan kasusnya. Virus ini memang terus bermutasi, salah satunya Omicron, sehingga pencegahan harus secara maksimal dilakukah. Vaksinasi menjadi salah satu langkah efektif melakukan pencegahan masuknya varian baru.

"Sesuai dengan arahan WHO bahwa vaksinasi ini terus dilakukan untuk mencegah. Meski pun ini varian baru Omicron, tetapi vaksin tetap menjadi langkah pencegahan yang efektif. Selain itu harus tetap prokes ketat dan mencegah kerumunan," katanya di sela-sela pelaksanaan vaksinasi di MAN 3 Sleman, Sabtu (4/12/2021).

Koordinator Vaksinasi Wilayah Sleman Binda DIY Adi Riyanto menambahkan lembaganya akan terus membuka vaksinasi dosis pertama agar semua warga di DIY divaksinasi. Apalagi, vaksinasi menjadi salah satu upaya pencegahan yang efektif terhadap masuknya varian baru Covid-19, termasuk Omicron.

"Maka kami terus berusaha menyisir warga yang belum divaksin agar pencegahan efektif, harapannya omicron tidak masuk ke Indonesia," katanya.

Dalam vaksinasi si MAN 3 Sleman tersebut merupakan pemberian dosis kedua Sinovac yang diikuti sekitar 200 orang didominasi pelajar serta sisanya warga sekitar. "Pelajar juga kami harapkan semua divaksin," ujarnya.