Varian Omicron Sudah Menyebar ke India

Penumpang tiba di Bandara New Delhi, India - Indian Express
02 Desember 2021 20:57 WIB Feni Freycinetia Fitriani News Share :

Harianjogja.com, JAKARTA - Kementerian Kesehatan India mengonfirmasi dua kasus Covid-19 varian Omicron di negara tersebut.

Sekretaris Kementerian Dalam Negeri India Lav Agarwal mengatakan dua kasus varian Omicron telah diidentifikasi di wilayah Karnataka.

"Satu kasus diidentifikasi pada laki-laki berusia 46. Kasus kedua pada laki-laki berusia 66 tahun. Varian Omicron dikonfirmasi melalui sekuensing genom," ujar Lav Agarwal seperti dikutip dari Indian Times, Kamis (2/12/2021).

Sementara itu, pemerintah India mengatakan vaksin Covid-19 Zydus Cadila ZyCoV-D awalnya akan digunakan di tujuh negara bagian, yaitu Bihar, Jharkhand, Maharashtra, Punjab, Tamil Nadu, Uttar Pradesh, dan Benggala Barat.

Wilayah tersebut telah direkomendasikan sebagai distrik dengan jumlah penduduk yang belum menerima dosis tunggal vaksin Covid-19 untuk diperkenalkan.

BACA JUGA: Pengusaha Pariwasata di Jogja Mohon Wisata Tak Ditutup Saat PPKM Level 3

Kepala Sekretaris Maharashtra Debashish Chakravarty mengatakan pemerintah negara bagian sedang mempertimbangkan revisi pedoman perjalanan udara akibat munculnya varian Omicron di beberapa negara.

Maharashtra telah mengamanatkan karantina institusional tujuh hari bagi para pelancong yang tiba di negara bagian dari negara-negara 'berisiko', di bawah pedoman yang dikeluarkan oleh Otoritas Manajemen Bencana Negara.

Penumpang dari luar negeri juga wajib menjalani tes RT-PCR pada hari kedua, keempat, dan ketujuh kedatangan. Jika ditemukan positif Covid-19, penumpang akan dipindahkan ke rumah sakit. Namun, apabila hasilnya negatif, penumpang masih harus menjalani karantina rumah selama tujuh hari.

Sumber : JIBI/Bisnis.com