Luhut Bangga Lihat Jokowi Bertemu Joe Biden di Glasglow

Presiden Joko Widodo (Jokowi) membahas sejumlah penguatan kerja sama Indonesia-Amerika Serikat dalam pertemuan bilateral dengan Presiden Amerika Serikat Joe Biden, di Scottish Event Campus, Glasgow, Skotlandia, Senin (1/11 - 2021) / BPMI Setpres\\r\\n
03 November 2021 08:27 WIB Maria Elena News Share :

Harianjogja.com, JAKARTA - Di tengah rangkaian acara COP26, Presiden Joko Widodo atau Jokowi berkesempatan mengadakan pertemuan bilateral dengan Presiden Amerika Serikat, Joe Biden, di Scottish Event Campus (SEC), Glasgow, Skotlandia, pada Senin, 1 November 2021. Ini merupakan pertemuan bilateral pertama keduanya, setelah bertemu dalam KTT G20 di Roma, Italia.

Menko Maritim dan Investasi Luhut B. Pandjaitan turut mendampingi Presiden Jokowi dalam pertemuan tersebut. Luhut pun mengungkapkan dirinya merasa bangga bisa mendampingi Presiden Jokowi untuk mendengarkan dan mengamati situasi dan kondisi serta dinamika di kawasan yang disampaikan oleh Presiden Biden.

"Satu hal yang saya ingat dalam pertemuan tersebut bahwa menurut beliau, peran Indonesia sungguh besar dan nyata di kawasan bahkan di tataran global dalam memajukan nilai-nilai demokrasi," tulis Luhut dalam laman Instagram miliknya.

Selain itu, Indonesia dianggap sudah membuat sebuah terobosan yang jauh dan terdepan untuk ikut berkontribusi dalam penanganan perubahan iklim global.

Semua penghormatan dan apresiasi yang diberikan oleh para kepala negara tidak terkecuali Presiden Biden sendiri, tak lepas dari kepemimpinan Presiden Joko Widodo dan kerjasama semua pihak, cerita Luhut.

View this post on Instagram

A post shared by Luhut Binsar Pandjaitan (@luhut.pandjaitan)

"Kebahagiaan saya tidak putus disitu. Dalam agenda kunjungan yang sama, saya juga bertemu dengan Jeff Bezos dan menyampaikan ucapan terimakasih atas investasinya di Indonesia," lanjutnya.

Luhut juga menyampaikan sambutan baik untuk investasi yang lain seperti Earth Fund untuk program Energy Transition Mechanism Indonesia yang akan melaksanakan early retirement PLTU Batubara.

"Saya juga secara resmi menyaksikan penandatanganan MoU antara Pertamina dan Exxon Mobil yang berkolaborasi dalam Carbon Capture hingga Storage," paparnya.

Seluruh rangkaian pertemuan yang dimulai sejak beberapa minggu lalu di AS bersama dengan Jake Sullivan, John Kerry hingga disambung pertemuan dengan Presiden Joe Biden adalah kesempatan berharga.

Mengiringi tulisan tersebut, Luhut membagikan foto dirinya yang tengah berjabat tangan dengan Joe Biden dan disaksikan langsung oleh Presiden Jokowi.

Kemudian, dia juga menyelipkan foto dirinya yang hadir dalam penandatanganan kerja sama teknologi carbon capture and utilization and storage (CCUS) antara ExxonMobil dan Pertamina.

Turut hadir dalam MoU tersebut, Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Airlangga Hartarto, Menteri BUMN Erick Thohir, Wakil I Menteri BUMN Pahala N. Mansury, dan Menteri ESDM Arifin Tasrif.

Sumber : JIBI/Bisnis Indonesia