Menteri Sandi Dorong Peningkatan Ekonomi Warga Lewat Desa Wisata

Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Sandiaga Salahuddin Uno saat mengunjungi Desa Wisata Tinalah, kalurahan Purwoharjo, kapanewon Samigaluh, Kulonprogo, pada Senin (11/10/2021). /Harian Jogja - Hafit Yudi Suprobo
12 Oktober 2021 21:47 WIB Newswire News Share :

Harianjogja.com, JOGJA--Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf) mendorong desa wisata dapat meningkatkan perekonomian warga sekitar. Masyarakat dapat melakukan pemberdayaan melalui unit usaha kecil dengan memanfaatkan kunjungan wisatawan.

"Sehingga harapan kami Desa Wisata yang sudah didirikan bukan hanya untuk kegiatan desa, tetapi diharapkan bisa menambah penghasilan warga sekitar melalui sejumlah pemberdayaan usaha kecil, agar kesejahteraannya meningkat," kata Sandi dalam kunjungan ke Desa Wisata Tinalah, Sendangsari, Purwoharjo, Samigaluh, Kulonprogo Senin (11/10/2021).

Desa Wisata Tinalah dikenal dengan sebutan Dewi Tinalah merupakan sebuah tempat wisata yang menjadikan camping ground sebagai andalan. Destinasi wisata ini menawarkan panorama indah Pengunungan Menoreh dan hamparan sawah dengan beragam tanaman. Kawasan wisata ini kerap menjadi tujuan berbagai komunitas menggelar kegiatan outdoor.

"Jadi harus dimanfaatkan sebaik mungkin untuk kesejahteraan dan kebangkitan ekonomi masyarakat,” ujar Sandi.

Dalam kunjungannya Sandi meresmikan Dewi Tinalah sebagai salah satu dari 50 besar anugerah desa wisata menuju Indonesia Bangkit. Ia memberikan perhatian kepada anak-anak di desa tersebut yang telah membentuk komunitas belajar dengan memberikan perangkat laptop. Karena untuk belajar kelompok anak-anak ini meminjam dari Pemerintah Desa setempat.

“Semoga laptop ini bermanfaat, dan bisa membantu untuk pembelajaran di rumah. Fasilitas wifi yang sudah disediakan oleh desa bisa mendukung kegiatan belajar mereka," katanya.

Sandiaga juga mencoba sebuah aplikasi Kecerdasan buatan atau Artificial Intelligence (AI) yaitu aplikasi Baca Aura yang diciptakan oleh Kelompok Sadar Wisata (Pokdarwis) Desa Tinalah. Aplikasi ini dapat membaca aura orang dengan cara melakukan selfie, dan hasilnya dikorelasikan dengan sifat-sifat tanaman yang ada di Desa Wisata Tinalah. "Menurut kami ini sangat untuk, menarik dan kreatif banget," katanya.