Advertisement

Disebut-sebut Calon Menteri Perhubungan, Ini Profil Olly Dondokambey

Jaffry Prabu Prakoso
Jum'at, 17 September 2021 - 20:27 WIB
Bhekti Suryani
Disebut-sebut Calon Menteri Perhubungan, Ini Profil Olly Dondokambey Presiden Joko Widodo (kiri) berbincang dengan Gubernur Sulawesi Utara Olly Dondokambey (kanan) saat meresmikan proyek Kawasan Ekonomi Khusus (KEK) di Bandara Sam Ratulangi, Manado, Sulawesi Utara, Senin (1/4/2019). - ANTARA/Wahyu Putro A

Advertisement

Harianjogja.com, JAKARTA - Mencuatnya isu reshuffle kabinet Presiden Joko Widodo (Jokowi) menyeret nama Olly Dondokambey. Gubernur Sulawesi Utara ini disebut-sebut bakal menjadi Menteri Perhubungan menggantikan posisi Budi Karya Sumadi.
 
Sejumlah media lokal di Manado, Sulawesi Utara ramai membicarakan ini. Hal tersebut dibeberkan langsung oleh orang dekat Olly, yaitu PDT Lucky Rumopa.
 
Mengutip dari berbagai sumber, Olly memulai karier sebagai pengusaha. Sebagai lulusan sarjana ekonomi, dia pernah memegang beberapa jabatan seperti Manajer WIKA PP JO Taman Rasuna Apartemen Jakarta, Manajer PT Pembangunan Perumahan, Direktur PT Bintang Rezeki Abadi Makmur, dan Direktur Pusat Koperasi Mega Gotong Royong.
 
Kariernya di politik dimulai pada 1997. Gubernur Sulawesi Utara dua periode ini memilih Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP) hingga kini.
 
Pada 2004, Olly memulai karir untuk mencalonkan diri sebagai anggota Dewan Perwakilan Rakyat (DPR) daerah pemilihan Sulawesi Utara. Dia menjadi politisi Senayan selama tiga periode di komisi yang sama, yaitu di bidang keuangan.
 
Dua tahun di periode ketiga atau 2016, Olly ikut gelanggang pada pemilihan gubernur di Sulawesi Utara. Dia terpilih hingga kini.
 
Di partai, karier Olly cukup cemerlang. Dia merupakan salah satu orang kepercayaan Ketua Umum PDIP Megawati Soekarnoputri.
 
Selama dua periode dari 2010 hingga 2020 Olly memegang posisi strategis, yaitu Bendahara Umum DPP PDIP. Dia menjadi satu-satunya kader yang menjabat ketua sekaligus petinggi DPP PDIP.
 
Dia pun dekat dengan Presiden Jokowi. Tak heran Olly juga yang dipercaya untuk mencairkan dua kubu di parlemen antara koalisi dan oposisi saat awal-awal periode pertama Jokowi menjadi kepala negara.
 
Tugas tersebut sangat penting mengingat partai koalisi Jokowi-Jusuf di parlemen tidak mendominasi.
 
Perdamaian tersebut agar pemerintahan bisa berjalan dengan lancar dari sisi kebijakan yang diambil dan mengurangi gejolak politik.

Sebelumnya, Juru Bicara Kementerian Perhubungan Adita Irawati enggan berkomentar lebih jauh terkait kabar Olly Dondokambey akan menjadi Menhub menggantikan Budi Karya Sumadi.

Advertisement

Adita berpendapat isu pergantian jabatan menteri tersebut sebaiknya ditujukan langsung kepada pihak Istana Kepresidenan.

“Lebih tepat ditanyakan ke Istana. Bukan kapasitas kami,” ujarnya, Kamis (16/9/2021).

Sementara itu, perwakilan dari Istana belum memberikan respons ketika Bisnis mencoba mengonfirmasi terkait kabar tersebut.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber : Bisnis.com

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

alt

Kembangkan Digitalisasi UMKM, Pemkot Libatkan Mahasiswa

Jogja
| Selasa, 16 April 2024, 22:27 WIB

Advertisement

alt

Sambut Lebaran 2024, Taman Pintar Tambah Wahana Baru

Wisata
| Minggu, 07 April 2024, 22:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement