Advertisement

Profil Kesederahanaan Alif Ba Ta, Sopir Jago Main Gitar Berpenghasilan Ratusan Juta

Newswire
Selasa, 14 September 2021 - 15:17 WIB
Sunartono
Profil Kesederahanaan Alif Ba Ta, Sopir Jago Main Gitar Berpenghasilan Ratusan Juta Alif Ba Ta memainkan gitar. - Youtube.

Advertisement

Harianjogja.com, JAKARTA--Aksi memukau channel YouTube Alip Ba Ta dengan gaya fingerstyling ciri khasnya, mampu menyihir para penikmat musik. Dikenal dengan nama asli Alif Gustakhiyat, gayanya bermain gitar sangat khas sehingga cepat dikenali.

Disebut tangan dewa, ia kerap menyisipkan nada khas Indonesia. Tidak hanya gitar, lelaki berusia 33 tahun itu juga bisa memainkan beragam alat musik seperti seruling menggunakan tangan kanan ataupun kiri. Dia menguasai banyak genre musik, mulai dari petikan gitar klasik, keroncong hingga campursari, lagu nasional hingga lagu dari penyanyi mancanegara.

Advertisement

BACA JUGA : Lacak Penghasilan Youtuber, Pakar Usulkan Gandeng OTT

Banyak maestro musik yang mengakui kemampuannya bermain gitar, dalam negeri hingga mancanegara. Termasuk Addie MS, Anji, Dewa Budjana, Iwan Fals, hingga melodi gitar Queen, Brian May menyatakan kekaguman akan bakatnya.

Akun YouTube-nya, Alip_Ba_Ta memiliki pengikut mencapai lebih dari 4,97 juta pengikut dengan lebih dari 106 video postingan. Dengan rata-rata 2 juta viewers. Alip Ba Ta diperkirakan bisa meraup penghasilan dari YouTube selama setahun kisaran 39 ribu dolar AS hingga 623 ribu dolar AS atau senilai Rp 554,8 juta hingga Rp 8,8 miliar.

Pendapatan dari YouTube memang flukfuatif. Dilansir dari Social melalui Telisik.id, Selasa (14/9/2021), pada September 2021, Alip Ba Ta memperoleh estimasi pendapatan sebesar 758 dolar AS hingga 12,1 ribu dolar AS atau senilai Rp 10,78 juta hingga Rp 172,13 juta per pekannya.

Walaupun dengan pendapatan fantastis itu, dan pengakuan dari banyak maestro musik, pria asal Ponorogo, Jawa Timur itu tetap tampil sederhana. Ia tetap mempertahankan gaya berpakaiannya yang khas.

Alip tetaplah Alip yang sama. Ia tak kelilipan keviralannya. Tetap saja, video-video yang diunggahnya di YouTube mengenakan kaos oblong sederhana dengan background tembok putih. Tersedia pula rokok dan segelas kopi.

BACA JUGA : 5 Youtuber Indonesia dengan Pendapatan Tertinggi

Selain itu, sehari-hari lelaki ini masih bekerja sebagai sopir forklift di daerah Cakung, Jakarta Timur. Pekerjaan itu sama sekali tak berhubungan dengan kemahirannya bermain gitar bergaya fingerstyle.

Sebelum berkecimpung dalam dunia YouTube, Alif pernah bergabung dengan band Qasidah pada 2010. Ia kerap memainkan lagu-lagu religi Islam.

Lelaki yang kini mendapatkan Gold Button, menekuni YouTube berawal dari iseng-iseng. Di tahun 2018, sehabis kerja ia biasa merekam aksi bermain gitarnya dengan ponsel di kontrakannya.

Rekaman itu lalu ia unggah di Facebook. Ia merekam lagu semaunya, sekenanya saja. Lagu yang dimainkan kala itu adalah musik ilustrasi games Super Mario Bros dan ternyata mendapatkan banyak tanggapan positif dari netizen.

BACA JUGA : Berapa Kira-Kira Penghasilan Baim Wong-Paula Jadi Youtuber

Berangkat dari itulah, semangatnya semakin membara untuk terus merekam video-video bermain gitarnya. Lalu diunggah melalui channel YouTube miliknya yang ia buat pada tahun yang sama, 2018. Salah satu videonya yang ditonton hingga 4,3 juta kali, saat membawakan ulang lagu Kiss the Rain dari Yiruma. Lagu My Heart Will Go On dari Celene Dion yang telah ditonton hingga 3,5 juta kali.

Kesederhanaan menjadi semakin mahal di alam pikir manusia yang memuja-muja kemewahan. Menjadi sederhana adalah menyiapkan diri untuk terusik oleh nyinyir. Dengan penghasilan mencapai Rp 8,8 miliyar per tahun atau Rp 733 juta per bulan, apa tidak bisa bermewah-mewah? Masih mau jadi sopir?

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber : suara.com

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

alt

Jalan Rusak di Sleman Tak Kunjung Diperbaiki, Warga Pasang Spanduk Obyek Wisata Jeglongan Sewu

Sleman
| Sabtu, 20 April 2024, 18:57 WIB

Advertisement

alt

Rekomendasi Menyantap Lezatnya Sup Kacang Merah di Jogja

Wisata
| Sabtu, 20 April 2024, 07:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement