Advertisement

Elektabilitas Ridwan Kamil Bertahan di 5 Besar Survei Capres

Wisnu Wage Pamungkas
Jum'at, 27 Agustus 2021 - 04:57 WIB
Sunartono
Elektabilitas Ridwan Kamil Bertahan di 5 Besar Survei Capres Ridwan Kamil (kiri) bersama Anies Baswedan

Advertisement

Harianjogja.com, BANDUNG — Tingkat elektabilitas Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil tetap bertahan di lima besar bursa Capres 2024 dari hasil sigi sejumlah lembaga survei.

Terbaru Ridwan Kamil masih berada di lima besar bersama Prabowo Subianto, Ganjar Pranowo, Anies Baswedan, Sandiaga Uno, Agus Harimurti Yudhoyono, dan Khofifah Indar Parawansa.

Advertisement

BACA JUGA : Ridwan Kamil Sebut Pandemi Covid-19 seperti Drama Korea

Ini adalah nama-nama dengan elektabilitas tertinggi untuk menjadi calon presiden 2024 dalam hasil survei nasional yang dilakukan oleh Indikator periode 30 Juli - 4 Agustus 2021.

Berdasarkan paparan tertulis yang diterima, lembaga survei Indikator menyebutkan Prabowo Subianto menjadi nama dengan elektabilitas tertinggi dalam simulasi 10 nama. Sebanyak 27,8 persen responden memilih Prabowo sebagai calon presiden jika Pilpres digelar saat ini.

Pada posisi kedua adalah Ganjar Pranowo dengan angka keterpilihan 21,4 persen dan posisi ketiga adalah Anies Baswedan dengan suara dari 14,8 persen responden. Ridwan Kamil berada di posisi keempat dengan raihan suara 6,9 persen.

Kemudian di bawahnya ada Sandiaga Uno dengan raihan 6,1 persen, Agus Harimurti Yudhoyono sebanyak 5,9 persen, kemudian 3,2 persen responden memilih Khofifah Indar Parawansa.

BACA JUGA : Media Korea Kupas Desain Batik Ridwan Kamil yang Dipakai…

Pengamat politik Firman Manan menilai dari sejumlah survei yang dirilis dalam satu bulan terakhir menunjukan posisi Ridwan Kamil paling stabil dibanding tokoh lain. Pihaknya juga menilai responden survei melihat konsistensi kepala daerah dalam penanggulangan Covid-19 selama ini.

“Saya pikir salah satu faktor utama, karena kepala daerah (jadi) terlihat apa yang dilakukan, apalagi ketika pandemi maka publik melihat apa sih yang dilakukan,” katanya saat dihubungi, Kamis (26/8/2021).

Firman mengatakan jika bicara elektabilitas Ridwan Kamil yang masih berkutat di angka 5 persen, ada sejumlah faktor yang mempengaruhi dibanding tokoh lain.

“Satu soal kinerja, kedua bisa basis partai, tapi kan Kang Emil bukan orang partai. Pak Ganjar ada keuntungan karena ada basis massa PDIP yang mendukung dia, kalau Kang Emil tidak punya,” ujarnya.

BACA JUGA : Cerita Ridwan Kamil Soal Desain Batiknya Dipakai 

Menurutnya dengan kenyataan seperti itu, maka stabilitas elektabilitas Ridwan Kamil terbilang luar biasa mengingat tokoh-tokoh lain rata-rata berbasis partai politik. seperti Prabowo Subianto, Ganjar Pranowo, AHY, Sandiaga Uno, Puan Maharani dan Airlangga. “Cukup baik bisa bersaing dengan kompetitor yang kuat,” ujarnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber : JIBI/Bisnis Indonesia

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

alt

Jadwal Imsak dan Buka Puasa Wilayah Jogja dan Sekitarnya, Jumat 29 Maret 2024

Jogja
| Jum'at, 29 Maret 2024, 02:17 WIB

Advertisement

alt

Mengenal Pendopo Agung Kedhaton Ambarrukmo, Kediaman Sultan Hamengku Buwono VII

Wisata
| Senin, 25 Maret 2024, 20:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement