Advertisement

Cerita Ridwan Kamil Soal Desain Batiknya Dipakai 2 Personel Super Junior, Ternyata Bukan Endorse

Wisnu Wage Pamungkas
Selasa, 25 Mei 2021 - 15:47 WIB
Nina Atmasari
Cerita Ridwan Kamil Soal Desain Batiknya Dipakai 2 Personel Super Junior, Ternyata Bukan Endorse Gubernur Jabar Ridwan Kamil

Advertisement

Harianjogja.com, BANDUNG — Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil tidak menyangka, desain kemeja batik karyanya dikenakan dua idol K-Pop dari grup Super Junior, Yesung dan Leeteuk. Ridwan Kamil mengaku hal ini tidak terkait dengan urusan gimmick sosial media.

Ridwan Kamil juga tidak menyangka desain bajunya diapresiasi dengan cara diunggah di media sosial pribadi dua artis Korea Selatan. Ia memastikan bahwa semua itu tidak berbayar, karena keduanya mendapatkan batik dari Dubes Korea.

Advertisement

“Kejadian awalnya kedatangan Dubes (Duta Besar) Korea Selatan saya kasih kain batik eh dianya jahit sendiri dan diposting diakunnya. Intinya dia bangga. Terus dia nanya kalau batik dikasih ke K-Pop star gimana, saya ya senang saja,” katanya di Gedung Pakuan, Bandung, Selasa (25/5/2021).

Menurutnya batik tersebut ia desain menyesuaikan dengan tema K-Pop. “Saya atur, dikirim yang agak ramai. Karena saya tahu kalau buat K-Pop gak mungkin seperti batik bapak-bapak. Saya kasih dan yang tidak saya duga diposting di akun pribadinya. Karena kalau pakai teori endorsment kan mahal,” katanya.

Baca juga: Ganip Warsito Resmi Jadi Kepala BNPB, Ini Profilnya...

Aktivitasnya mendesain batik ia sebut sudah lama dilakoni. Seringkali ia mengenakan hasil kemeja batik karyanya untuk digunakan keperluan kedinasan. Lama kelamaan, kebiasaan ini dimanfaatkan untuk hadiah jika ada kunjungan dari pejabat kenegaraan.

“Nah akhirnya kalau ada pejabat kenegaraan hadiah saya selalu dua, kujang dan batik. Ini adalah contoh hubungan diplomasi yang baik itu tidak harus formal seremonial, bisa menggunakan simbol budaya,” kata dia.

Ridwan Kamil menyebut batik yang dikenakan Leeteuk dan Yesung tidak bersifat ekslusif. Motif dan model serupa bisa didapatkan di salah satu toko batik yang ada di Kota Bandung.

“Itu banyak dibeli kalau lihat para pejabat Pemprov mereka ada yang beli versi merahnya, kuning, biru. Tidak eksklusif banget. Tujuan saya mendesain kan menghidupkan,” katanya.

Baca juga: 3 Kerangka Kebijakan Tranportasi Cerdas di Ibu Kota Baru

Terakhir urusan batik ini dirinya berharap bisa menjadi semacam diplomasi budaya khususnya mengenalkan batik pada pasar yang lebih luas.

“Pada akhirnya ingat angklung ingat Indonesia, ingat batik ingat Indonesia. Jangan sampai nanti setelah diklaim negara tetangga baru rame. Dulu-duluan saja, saya bangga karena saya tidak berharap diposting seperti ngasih ke dubes saja ya selesai ekspektasinya,” pungkasnya.

Diketahui, Leeteuk mengenakan kemeja batik berwarna oranye dengan jas warna biru. Ia mengunggahnya di media sosial pribadi @xxteukxx. Sedangkan Yeesung melalui akun pribadinya, @yesung1106 terlihat mengenakan kemeja batik berwarna hijau dipadukan dengan jas batik dominasi warna coklat.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber : Bisnis.com

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

alt

Duh, Desentralisasi Sampah DIY Mundur Lagi Menjadi Mei 2024

Jogja
| Jum'at, 19 April 2024, 16:07 WIB

Advertisement

alt

Sambut Lebaran 2024, Taman Pintar Tambah Wahana Baru

Wisata
| Minggu, 07 April 2024, 22:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement