Advertisement

Media Korea Kupas Desain Batik Ridwan Kamil yang Dipakai 2 Personel Super Junior

Wisnu Wage Pamungkas
Rabu, 26 Mei 2021 - 14:37 WIB
Nina Atmasari
Media Korea Kupas Desain Batik Ridwan Kamil yang Dipakai 2 Personel Super Junior Gubernur Jabar Ridwan Kamil - Istimewa

Advertisement

Harianjogja.com, BANDUNG — Dua personel K-Pop Super Junior Lee Teuk dan Ye Sung menarik perhatian lantaran mengenakan batik rancangan Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil. Diplomasi budaya Ridwan Kamil dengan mengenalkan batik pada tamu dari Negara Asing ini berbuah manis.

Kedua personel boyband ini memposting rancangan tersebut, alhasil menarik perhatian dan pembahasan di media Korea Selatan.

Advertisement

Salah satunya media daring berbahasa Korea n.news.naver.com. Mengambil judul “Alasan Super Junior pakai Batik Indonesia Pencernaan Inovatif" tulisan tersebut mengupas secara detil terkait batik yang menjadi ikon budaya Indonesia.

Baca juga: Perayaan Waisak di Jogja Digelar Sederhana

Naver juga memuji hasil karya desain Ridwan Kamil yang merancang batik tersebut lewat guratan tangannya pribadi. Penulis juga mewawancarai Ridwan Kamil secara khusus, di mana Gubernur Jawa Barat tersebut memuji padu padan batik dengan gaya anak muda yang dilakukan personel Super Junior.

"Saya sangat terkesan dengan bagaimana Leeteuk dan Yesung mencerna batik yang saya rancang dan buat dengan gaya mereka sendiri dengan sempurna."

"Super Junior mengekspresikan gaya pelapisan batik dengan sempurna untuk pertama kalinya. Tidak ada yang mencoba mengenakan jaket batik di atas kemeja batik," ujarnya.

Media tersebut juga mengulas batik adalah sebutan untuk pola geometris atau kain super celup (lilin lebah) unik yang berasal dari Indonesia. Dimana di Indonesia 1 juta orang bergerak di industri terkait.

“Banyak lembaga publik, perusahaan, dan sekolah di Indonesia menetapkan setiap hari Jumat sebagai hari batik dan memakainya dalam kehidupan sehari-hari. Pria Indonesia mengenakan kemeja batik keluar dari jalan tanpa memasukkannya ke dalam celana,” tulis Naver.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber : Bisnis.com

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

alt

Pertobatan Ekologis dan Persoalan Sampah Jadi Topik Peragaan Jalan Salib di Gereja Ini

Jogja
| Jum'at, 29 Maret 2024, 15:27 WIB

Advertisement

alt

Mengenal Pendopo Agung Kedhaton Ambarrukmo, Kediaman Sultan Hamengku Buwono VII

Wisata
| Senin, 25 Maret 2024, 20:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement