Advertisement

Bermasalah, DPR Minta Pemerintah Evaluasi PeduliLindungi

Oktaviano DB Hana
Kamis, 26 Agustus 2021 - 12:27 WIB
Bernadheta Dian Saraswati
Bermasalah, DPR Minta Pemerintah Evaluasi PeduliLindungi Tampilan situs pedulilindungi.id untuk download sertifikat vaksin Covid-19 - pedulilindungi.id

Advertisement

Harianjogja.com, JAKARTA - Masyarakat kerap melaporkan adanya masalah terhadap aplikasi PeduliLindungi. Pemerintah pun diminta menyelesaikan sejumlah masalah tersebut.

Anggota Komisi IX DPR Putih Sari mengatakan sertifikasi vaksin Covid-19 yang ada dalam aplikasi PeduliLindungi saat ini menjadi suatu yang penting. Pasalnya,  hal itu menjadi prasyarat dalam melakukan perjalanan atau akses ke sejumlah fasilitas publik.

Advertisement

Namun, dia mengakui sejumlah kendala masih dikeluhkan masyarakat terutama soal kesalahan data dan sertifikat yang tidak keluar padahal sudah menerima vaksin. 

"Banyak yang menyampaikan keluhan tentang Aplikasi PeduliLinduni di lapangan, mulai dari sertifikat vaksin yang tidak keluar, data yang tidak sesuai.  Mohon solusinya, kalau bisa ada contact center untuk pengaduan masyarakat," ungkapnya, seperti dilansir laman resmi DPR RI, Kamis (26/8/2021).

Baca juga: 800 Vaksin Sinopharm Disiapkan untuk Penyandang Disabilitas di Kulonprogo

Hal senada diungkapkan Wakil Ketua Komisi IX DPR RI Nihayatul Wafiroh. Dia pun meminta pemerintah segera melakukan evaluasi atas banyaknya kesalahan data dalam aplikasi PeduliLindungi.

"Kesalahan data itu juga terjadi pada saya, di aplikasi PeduliLindungi kelahiran saya ditulis Tahun 1995.  Ini perlu dievaluasi terkait data, apakah datanya dari Dirjen Dukcapil Kementerian Dalam Negeri, atau dari mana?" ujarnya. 

Adapun, Komisi IX pun telah meminta Kemenkes untuk meningkatkan kualitas dukungan teknologi informasi dalam pelaksanaan program vaksinasi dengan memastikan akurasi dan keamanan data yang terdapat dalam aplikasi PeduliLindungi khususnya terkait vaksinasi dan menyempurnakan database PCare vaksinasi secara kontinyu dan berkala. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber : bisnis.com

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

alt

Jadwal Kereta Bandara YIA Xpress Sabtu 27 April 2024, Tiket Rp50 Ribu

Jogja
| Sabtu, 27 April 2024, 02:27 WIB

Advertisement

alt

Sandiaga Tawarkan Ritual Melukat ke Peserta World Water Forum di Bali

Wisata
| Sabtu, 20 April 2024, 19:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement