Kabur dari Taliban, Warga Afghanistan Melahirkan di Pesawat Evakuasi AS

Para anggota Taliban berdiri di luar Bandara Internasional Hamid Karzai di Kabul, Afghanistan, pada 16 Agustus 2021. - Antara - Reuters
23 Agustus 2021 09:47 WIB Newswire News Share :

Harianjogja.com, WASHINGTON--Kondisi tragis dialami salah seorang warga Afghanistan yang mencoba kabur dari negaranya setelah kelompok Taliban menguasai negara itu.

Seorang perempuan Afghanistan melahirkan di dalam pesawat evakuasi Amerika Serikat pada Sabtu (22/8/2021), tak lama setelah mendarat di Pangkalan Udara Ramstein di Jerman, demikian menurut keterangan Angkatan Udara AS.

Sang ibu melahirkan bayi perempuan di ruangan kargo pesawat Angkatan Udara C-17 usai persalinan dan sempat mengalami komplikasi selama penerbangan, tulis Komando Mobilitas Udara AS di Twitter.

"Komandan pesawat memutuskan untuk menurunkan ketinggian guna meningkatkan tekanan udara di pesawat, yang membantu menstabilkan dan menyelamatkan nyawa sang ibu," cuitnya.

BACA JUGA: Ahmad Massoud Sebut Afghanistan Terancam Perang Saudara

Perempuan itu merupakan bagian dari sekelompok warga yang menyelamatkan diri dari Taliban di Afghanistan dan masuk dalam gelombang penerbangan evakuasi kedua yang lepas landas dari pangkalan di Timur Tengah.

Ibu dan bayinya lantas dibawa ke fasilitas kesehatan dan dalam kondisi sehat, cuitnya.

Sumber : Antara