Pesan Menag Yaqut di Tahun Baru Islam 2021

Menteri Agama Yaqut Cholil Qoumas menerbitkan surat edaran pembatasan untuk menjadi pedoman masyarakat dalam kegiatan di rumah ibadah guna membantu mengatasi lonjakan tajam Covid-19, Rabu (16/6/2021). - Antara
10 Agustus 2021 04:27 WIB Fitri Sartina Dewi News Share :

Harianjogja.com, JAKARTA - Menteri Agama Yaqut Cholil Qoumas mengajak umat Islam untuk merayakan Tahun Baru Islam 1 Muharram 1443 Hijriah secara sederhana dengan tetap menerapkan protokol kesehatan.

Menag juga mengajak umat untuk memperkuat spirit hijrah dan semangat gotong royong dalam menghadapi pandemi Covid-19.

"Selamat tahun baru 1 Muharram 1443 H. Mari perkuat spirit hijrah dan semangat gotong royong dalam menghadapi pandemi Covid-19. Semoga pandemi segera berakhir dan kita songsong masa depan yang lebih sehat dan maju," kata Menag dalam keterangannya di Jakarta, Senin (9/8/2021).

BACA JUGA : Peringatan Tahun Baru Islam 1443 Hijriah Diundur Satu Hari 

Menurut Menag, tahun baru hijriah selalu mengingatkan umat Islam pada momen bersejarah hijrah Rasulullah dari Makkah ke Madinah.

Spirit hijrah salah satunya adalah kemampuan melakukan perpindahan, perubahan, dan adaptasi dalam merespons situasi dan kondisi. Perpindahan bisa bermakna fisik, tapi juga bisa bermakna sikap. Misalnya, pindah dari satu tempat ke tempat lain, atau dari satu sikap ke sikap yang lain.

"Pandemi memaksa kita melakukan penyesuaian dan perubahan menuju kenormalan baru. Salah satu spirit Hijrah dalam konteks pandemi adalah terapkan prokes dan disiplin 5M," ujar Menag.

Di tengah pandemi, lanjut Menag, solidaritas dan gotong royong adalah kunci. Pemerintah sejak satu setengah tahun terakhir terus berupaya mengatasi kondisi ini. Tentu pemerintah tidak bisa bekerja sendiri, perlu kerja sama dari seluruh lapisan masyarakat.

BACA JUGA : Pemerintah Pindahkan Libur Tahun Baru Islam & Tiadakan

"Mari manfaatkan momentum tahun baru 1 Muharram 1443 H untuk perkuat spirit hijrah, serta saling bergotong royong dalam menghadapi pandemi. Di tengah pandemi, sambut tahun baru dengan kesederhaan dan penuh rasa syukur. Tetap terapkan prokes dan disiplin 5M+1D, yakni memakai masker, mencuci tangan, menjaga jarak, menjauhi kerumunan, mengurangi mobilitas dan doa. Semoga pandemi cepat berlalu," ujarnya.

Sumber : JIBI/Bisnis Indonesia