14.478 Orang di Terminal Tipe A dan Pelabuhan Divaksin

Salah satu kegiatan vaksinasi yang dilakukan di sentra vaksinasi BCA di Jakarta Timur pada Kamis (05/08). Sentra vaksinasi BCA di wilayah Jakarta Timur ini dipusatkan di empat titik, yaitu di SDN 03 Pagi Cakung, SDN 05 Kalisari Pasar Rebo, Mall Graha Cijantung Pasar Rebo, dan Gedung Wira Purusa LVRI Duren Sawit. - Dok. BCA
09 Agustus 2021 12:47 WIB Rahmi Yati News Share :

Harianjogja.com, JAKARTA – Kementerian Perhubungan melalui Direktorat Jenderal Perhubungan Darat terus melakukan penanganan dan pencegahan penyebaran Covid-19 di simpul-simpul transportasi khususnya Terminal Tipe A dan Pelabuhan Penyeberangan. 

Direktur Jenderal Perhubungan Darat Budi Setiyadi menyampaikan kementeriannya telah berkolaborasi dengan sejumlah pihak seperti Kementerian Kesehatan dan Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) melakukan pemeriksaan tes antigen, vaksinasi massal, serta pemberian bantuan sembako di sejumlah daerah.

"Kegiatan vaksinasi digelar di 14 Terminal Tipe A dan pelabuhan penyeberangan yang bekerjasama dengan Marinir," katanya dikutip dari keterangan resminya, Senin (9/8/2021).

Budi menuturkan berdasarkan data hingga 6 Agustus 2021, Kemenhub telah berhasil melakukan vaksinasi terhadap 11.090 orang di Terminal Tipe A. Tetapi, dari 14 terminal tersebut, terdapat 6 terminal yang belum melaksanakan kegiatan vaksinasi karena masih menunggu ketersediaan vaksin di Dinas Kesehatan.

"Untuk vaksinasi di Pelabuhan Penyeberangan telah terdata sebanyak 3.388 orang yang telah melakukan vaksinasi," jelasnya.

Sebagai informasi, ke-14 Terminal Tipe A yang menyediakan vaksinasi Covid-19 dari Kemenhub antara lain, Terminal Pakupatan Serang, Terminal Leuwipanjang Bandung, Terminal Guntur Garut, Terminal Indihiang Tasikmalaya, Terminal Bulupitu Purwokerto, Terminal Tirtonadi Surakarta, dan Terminal Arjosari Malang.

Kemudian, Terminal Gayatri Tulungangung, Terminal Kertonegoro Ngawi, Terminal Purabaya Surabaya, Terminal Pulogebang Jakarta Timur, Terminal Kampung Rambutan Jakarta Timur, Terminal Mengwi Badung, dan Terminal Tangkoko Bitung.

Sementara kegiatan vaksinasi di pelabuhan penyeberangan dilakukan beberapa pelabuhan seperti Padangbai, Merak, Ketapang, Bakauheni, dan Gilimanuk.

Sumber : bisnis.com