Jakarta Diprediksi Tenggelam, Megawati: Saya Capek Ngomong

Ketua Umum DPP PDI Perjuangan Megawati Soekarnoputri saat peluncuran buku "Merawat Pertiwi, Jalan Megawati Soekarnoputri Melestarikan Alam" yang dipusatkan di kantor pusat partai di Jalan Diponegoro, Jakarta, Rabu (24/3/2021). - Antara
05 Agustus 2021 11:27 WIB Nyoman Ary Wahyudi News Share :

Harianjogja.com, JAKARTA — Ketua Umum PDI Perjuangan Megawati Soekarnoputri meminta agar gedung-gedung pencakar langit yang melintang di sepanjang Jalan Sudirman-Thamrin disidak. Hal itu disampaikan Megawati untuk menanggapi pernyataan Presiden Amerika Serikat Joe Biden yang menyebut Jakarta akan tenggelam dalam 10 tahun ke depan.

Hanya saja, Megawati mengatakan, dirinya tidak memiliki kewenangan untuk melakukan penyidakan tersebut. Lantaran sidak terkait dengan bangunan gedung diserahkan kepada pemerintah daerah.

BACA JUGA : Jakarta Diroyeksi Tenggelam, Bagaimana Nasib Bisnis

“Saya sudah ngomong capek-capek dari Zaman [Gubernur DKI] Sutiyoso kalau nggak salah, gedung-gedung di Thamrin-Sudirman disidak. Apakah dia sudah pakai sistem tahan gempa bangunan,” kata Megawati dalam acara launching Sistem Peringatan Dini Multi Bahaya Geo-Hidrometeorologi DPP PDIP, Rabu (4/8/2021).

Menurut Megawati, permukaan tanah di DKI Jakarta setiap tahunnya mengalami penurunan. Lantaran air didalamnya diambil ke permukaan dalam jumlah yang besar sehingga ada intrusi dari air laut.

“Maka ada intrusi air laut masuk, nggak ada yang mikirin kalau ambek piye?” ucapnya.

Megawati pun mengaku telah meminta Presiden Joko Widodo (Jokowi) untuk merespons serius pernyataan Presiden Joe Biden. Dia menyebut banyak orang ribut ketika orang nomor satu Negeri Paman Sam itu menyampaikan perkiraan itu. "Ini peringatan yang baik untuk Indonesia," ujarnya.

BACA JUGA : Pakar UGM Ingatkan Jakarta Tenggelam 2050 Bukan

Presiden ke-5 RI ini mengaku telah mendiskusikan hal itu dengan Presiden Jokowi dan Sekretaris Kabinet Pramono Anung. Dia mengingatkan bahwa peringatan itu harus direspons dengan bergegas mencari solusi.

Sebelumnya, Presiden Amerika Serikat Joe Biden mengungkap prediksi bahwa DKI Jakarta bakal tenggelam dalam 10 tahun ke depan. Hal itu disampaikannya dalam pidato tentang perubahan iklim di Kantor Direktur Intelijen Nasional AS, Selasa (27/7/2021).

Dalam pidatonya, Biden mengingatkan tentang perubahan iklim dan pemanasan global yang bisa mengubah doktrin strategi nasional.

Dia mengatakan, dampak pemanasan global bisa mencairkan es di kutub dan menaikkan permukaan air laut. Selain itu, Biden menyebut prediksi tenggelamnya Ibu Kota Indonesia, Jakarta.

BACA JUGA : Joe Biden Prediksi Jakarta Bakal Tenggelam, Ini Tanggapan

"Apa yang terjadi di Indonesia, jika proyeksinya benar bahwa, dalam 10 tahun ke depan, mereka mungkin harus memindahkan Ibu Kotanya karena mereka akan berada di bawah air?" kata Biden dalam pidatonya sebagaimana dipublikasikan whitehouse.gov, Jumat (30/7/2021).

Sumber : JIBI/Bisnis Indonesia