Jokowi: Pandemi Covid-19 Jadi Ujian Ketangguhan

Presiden Joko Widodo menyampaikan arahan pada Sidang Kabinet Paripurna di Istana Negara, 2 November 2020 - Youtube Setpres
27 Juli 2021 15:47 WIB Rayful Mudassir News Share :

Harianjogja.com, JAKARTA - Pandemi Covid-19 telah berdampak besar pada sejumlah sektor kehidupan, bukan hanya kesehatan dan ekonomi, melainkan juga pada dunia pendidikan.

Presiden Joko Widodo (Jokowi) juga menganggap pandemi sebagai sebuah ujian untuk mengukur sejauh mana ketangguhan bangsa Indonesia mampu menghadapi tekanan di segala bidang.

"Pandemi Covid-19 menjadi ujian ketangguhan bagi semua. Merupakan presure test sejauh mana kita mampu menghadapi tekanan yang sangat berat ini," kata Jokowi saat membuka membuka Konferensi Forum Rektor Indonesia (FRI) Tahun 2021, secara virtual, Selasa (27/7/2021).

Baca juga: Walikota Jogja Targetkan Seluruh Warga Jogja yang Penuhi Syarat Tervaksin pada 17 Agustus

Di hadapan para rektor, Jokowi juga mengakui bahwa Negara harus menanggung beban yang berat akibat pandemi Covid-19. Untuk mengatasi persoalan tersebut, dia mengatakan bahwa semua pihak harus membantu penanganan pandemi ini.

"Saat ini kita harus menanggung beban yang berat akibat pandemi. Kita harus berjuang mengatasi permasalahan kesehatan dan permasalahan ekonomi," ujarnya.

Kendati demikian, dia menilai kondisi saat ini harus menjadi titik balik berjuang membebaskan rakyat dari ancaman Covid-19, termasuk melalui langkah inovatif yang muncul akibat pandemi.

Baca juga: Ribuan Nakes Meninggal Dunia Karena Covid-19, Ada yang Kesulitan Mendapat Tempat Perawatan

"Kita harus makin mengembangkannya, kita teruskan di pascapandemi nanti," ujarnya.

Dia mengimbau seluruh kalangan agar berjuang untuk tetap menjalankan proses pendidikan di tengah pembatasan interaksi dan pertemuan fisik seperti pemberlakuan pembatasan kegiatan masyarakat (PPKM).

Sumber : Bisnis.com