Advertisement

Pemerintah Beri Subsidi Upah Rp1 Juta bagi Pekerja yang Dirumahkan

Maria Elena
Kamis, 22 Juli 2021 - 07:57 WIB
Bernadheta Dian Saraswati
Pemerintah Beri Subsidi Upah Rp1 Juta bagi Pekerja yang Dirumahkan Buruh pabrik garmen berjalan keluar pabrik di Citeureup, Kabupaten Bogor, Jawa Barat, Senin (20/2/2017). - Antara/Yulius Satria Wijaya

Advertisement

Harianjogja.com, JAKARTA -  Kementerian Keuangan bersama Kementerian Koordinator Bidang Perekonomian dan Kementerian Ketenagakerjaan tengah mengkaji subsidi upah.

Menteri Keuangan Sri Mulyani mengatakan subsidi yang besarannya Rp1 juta akan diberikan bagi pekerja yang mengalami pengurangan jam kerja atau dirumahkan. Pembayaran akan dilakukan sekali.

Advertisement

"Kami sedang buat subsidi upah bagi pekerja yang mengalami pengurangan jam kerja atau dirumahkan," papar Sri Mulyani dalam konferensi pers APBN KITA, Rabu (21/7/2021).

Adapun, anggaran ini dimasukkan ke dalam program prakerja dan subsidi upah yang totalnya mencapai Rp30 triliun.

Baca juga: Sapa Aruh: Sultan Kerahkan APBD dan Danais untuk Bantuan Sosial

Sementara itu, Menteri Ketenagakerjaan (Menaker) Ida Fauziyah mengatakan bahwa bantuan subsidi upah merupakan respons terhadap penurunan aktivitas masyarakat yang berdampak pada ekonomi dan daya beli pekerja atau buruh selama masa pandemi Covid-19.

“Nanti untuk subsidi upah ini, payung hukumnya akan kami buat dalam peraturan Menteri Ketenagakerjaan dimana kami mengusulkan bahwa bantuan pemerintah ini merupakan program stimulus yang telah kami koordinasikan dengan komite PEN, kementerian keuangan, dan BPJS Ketenagakerjaan,” ujarnya dalam konferensi pers, dikutip dari YouTube Perekonomian RI, Rabu (21/7/2021).

Namun, Ida mengatakan besaran subsidi upah ini adalah Rp500.000 per bulan selama dua bulan dan akan dibayarkan dalam sekali pembayaran.

Walhasil, para pekerja penerima bantuan akan menerima bantuan sebesar Rp1 juta.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber : bisnis.com

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

alt

Jalan Sleman Rusak Akibat Proyek Tol, Perbaikan Dilimpahkan ke Pengembang

Sleman
| Jum'at, 29 Maret 2024, 12:37 WIB

Advertisement

alt

Mengenal Pendopo Agung Kedhaton Ambarrukmo, Kediaman Sultan Hamengku Buwono VII

Wisata
| Senin, 25 Maret 2024, 20:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement