Advertisement

MPR Dukung Rusun & Asrama Haji Jadi Tempat Isoman, tapi...

Newswire
Jum'at, 09 Juli 2021 - 11:27 WIB
Bernadheta Dian Saraswati
MPR Dukung Rusun & Asrama Haji Jadi Tempat Isoman, tapi... Ketua MPR RI Bambang Soesatyo /Bisnis - TV Parlemen

Advertisement

Harianjogja.com, JAKARTA - Pemerintah menyiapkan rumah susun (rusun) dan asrama haji di wilayah DKI Jakarta dan Bekasi sebagai tempat isolasi mandiri pasien Covid-19. Langkah tersebut mendapat dukungan dari Majelis Permusyawaratan Rakyat (MPR) RI.

"MPR mendukung rencana itu namun dengan pertimbangan harus disiapkan alat kesehatan, obat-obatan dan oksigen," kata Ketua MPR RI Bambang Soesatyo melalui keterangan tertulis yang diterima di Jakarta, Kamis (8/7/2021).

Advertisement

Pertimbangan tersebut guna mengurangi isolasi mandiri yang berpotensi menyebabkan kekeliruan penanganan oleh pasien, sebab proses pemulihan Covid-19 dilakukan secara mandiri di kediaman atau rumah masing-masing.

"Proses perawatan dan penanganan pasien Covid-19 harus dengan kontrol dokter atau petugas puskesmas," ujar politisi Golkar itu.

Tidak hanya di Jakarta dan Bekasi, Bambang juga meminta kepala daerah agar menyiapkan tempat untuk isolasi mandiri bagi pasien Covid-19 dengan gejala ringan apabila terjadi lonjakan kasus.

Baca juga: Pemda DIY Klaim Alokasi Danias untuk Penanganan Covid-19 Rp340 Miliar

Selain itu, pemerintah juga harus memantau dan menyiapkan ketersediaan oksigen, obat-obatan, tenaga medis dan alat kesehatan pendukung yang dibutuhkan.

Terakhir, Bambang meminta pemerintah agar memastikan alih fungsi bangunan dan gedung yang akan dijadikan ruang isolasi mandiri serta tidak merusak lingkungan dan mengancam atau mengganggu aktivitas masyarakat di sekitarnya.

Sebelumnya, Menteri Agama Yaqut Cholil Qoumas mengatakan dari 31 asrama haji yang dimiliki Kementerian Agama 27 di antaranya siap digunakan untuk RS Darurat Covid-19 jika dibutuhkan. Sementara, empat asrama haji lainnya belum siap karena masih dalam tahap renovasi.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber : Antara

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

alt

Jadwal Imsak dan Buka Puasa Wilayah Jogja dan Sekitarnya, Jumat 29 Maret 2024

Jogja
| Jum'at, 29 Maret 2024, 02:17 WIB

Advertisement

alt

Mengenal Pendopo Agung Kedhaton Ambarrukmo, Kediaman Sultan Hamengku Buwono VII

Wisata
| Senin, 25 Maret 2024, 20:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement