Setelah BEM UI, Kini Viral Kritikan Pedas BEM UGM ke Jokowi

Presiden Jokowi seusai berolahraga di Istana Kepresidenan Bogor, Minggu (13/12/2020). - ANTARA/Biro Pers Setpres
29 Juni 2021 19:57 WIB Newswire News Share :

Harianjogja.com, JOGJA--Setelah sebelumnya Badan Eksekutif Mahasiswa (BEM) Universitas Indonesia (UI) viral karena mengkritik Presiden Jokowi dengan sebutan King of Lip Service lantaran tak sesuai antara omongan dan kebijakan, kini viral kritikan mahasiswa UGM ke Jokowi.

Akun media sosial Aliansi Mahasiswa Universitas Gadjah Mada (UGM), berisikan materi yang memberikan gelar Juara Umum 'Lomba Ketidaksesuaian Omongan dengan Kenyataan' kepada Presiden Republik Indonesia Joko Widodo.

"Selamat kepada Presiden Republik Indonesia @jokowi atas pencapaian dan prestasinya sehingga dapat meraih dua gelar terbaik yang diberikan oleh kami, mahasiswa Indonesia. Maju!" demikian keterangan dari poster digital yang diunggah dalam akun Twitter Aliansi Mahasiswa UGM @UGMbergerak, Senin (28/6/2021).

Ketua BEM KM UGM Muhammad Farhan mengungkapkan, unggahan itu juga mewakili suara dari BEM KM UGM sebagai bagian dari Aliansi Mahasiswa UGM.

BACA JUGA: Hari Ini 850 Warga DIY Dilaporkan Positif Covid-19

Farhan menyebutkan, poster itu merupakan sebuah kritikan mahasiswa UGM atas ketidaksesuaian apa yang disampaikan Joko Widodo sebagai presiden RI dengan kenyataan.

"Iya, seperti yang sudah disampaikan di poster, bahwa Mahasiswa UGM mengkritik adanya ketidaksesuaian antara apa yang disampaikan dengan apa yang terjadi di lapangan," ungkap Farhan, dalam pesan singkat, Selasa (29/6/2021).

Menurut dia, Presiden kurang melakukan komunikasi publik yang dapat menjawab keresahan masyarakat. Seharusnya sebagai presiden, Joko Widodo memberikan teladan bagi masyarakat luas.

"Salah satunya dengan selalu beritikad untuk menjaga perilaku sesuai dengan apa yang disampaikan," kata dia.

Namun, apa yang terjadi selama ini adalah kebalikannya, sambung Farhan. Presiden lebih memilih untuk menutup telinga dan tidak memberikan pemahaman ke masyarakat mengenai kebijakan yang ada.

Selain akun Twitter Aliansi Mahasiswa UGM, BEM KM UGM juga telah mengunggah kritikan kepada Presiden Joko Widodo lewat akun Instagram.

Di dalam unggahan 21 Juni 2021, BEM KM UGM membuat poster bergambar presiden Joko Widodo, dengan sejumlah pesan yang bernada semi satire.

"Semoga Ekonomi Indonesia segera pulih! (Sembako jangan dipajekin pak, susahh makannya nanti hehe), dan terakhir, semoga Indonesia semakin Berjaya! (Negaranya yaa pak yang berjaya, jangan kroni-kroninya)," demikian dikutip dari akun instagram @bemkm_ugm.

Sumber : Suara.com