122 Orang Mendaftar Donor Darah di Polres Magelang, Stok Darah PMI Aman Sepekan ke Depan

Kegiatan donor darah dalam rangka HUT ke-75 Tahun 2021 di gedung Bhayangkara Utama Polres Magelang, Senin (28/6/2021) siang. - Ist/dok Polres Magelang
28 Juni 2021 22:17 WIB Nina Atmasari News Share :

Harianjogja.com, MAGELANG- Sebanyak 122 orang mendaftar untuk ikut mendonorkan darahnya dalam kegiatan donor darah dalam rangka HUT ke-75 Tahun 2021 di gedung Bhayangkara Utama Polres Magelang, Senin (28/6/2021) siang.

Para calon pendonor tersebut berasal dari anggota Polri dan Bhayangkari di lingkungan Polres Magelang.

"Donor darah hari ini dihadir pendonor sebanyak 122 orang anggota, namun hasil pemeriksaan kesehatan yang memenuhi syarat untuk donor sebanyak  78 anggota. Sedangkan 44 orang tidak bisa mengikuti donor darah karena alasan medis," kata Kapolres Magelang melalui AKP Moh. Buhrom selaku Ketua Seksie Bhakti Sosial dan Donor Darah panitia HUT Bhayangkara Ke- 75 Tahun 2021, di sela kegiatan.

Ia menjelaskan Polres Magelang secara rutin mengadakan donor darah dalam setiap menyambut hari ulang tahun Bhayangkara, maupun hari besar lainya. Tujuannya adalah membantu memenuhi kebutuhan darah di masyarakat melalui PMI.

Buhrom menegaskan pelaksanaan donor darah dilakukan dengan menerapkan protokol kesehatan yang ketat.  "Protokol kesehatan kita terapkan, memastikan pendonor semua tertib dilakukan cek suhu tubuh, menggunakan masker, cuci tangan atau handsanitizer,  dan menjaga jarak," kata Buhrom.

Sementara itu, Penanggungjawab Donor Darah PMI Kabupaten Magelang dr. Nurul Badriyah menyebutkan kegiatan donor darah oleh Polres Magelang  telah membantu persediaan darah untuk masyarakat Kabupaten Magelang.

"Dengan support dari Polres Magelang ini ketersediaan darah selama seminggu aman", Kata Nurul.

Menurut Nurul, kerjasama bakti sosial kemanusiaan donor darah sukarela oleh Keluarga Besar Polres Magelang dapat menjadi tradisi yang terus dijaga.

Apalagi, ia mengatakan di masa pandemi Covid 19 saat ini, Polres Magelang memberikan contoh kepedulian terhadap sesama manusia yang sangat membutuhkan darah. Masyarakat menjadi kembali berani untuk donor darah setelah terpuruk atau takut  karena Covid 19.

Lebih lanjut ia mengatakan  dengan kegiatan donor darah massal Polres Magelang harapannya peserta secara berkala sukarela menjadi donor. "PMI akan terus sosialisasi dan jemput bola dalam pelaksanaan donor darah sukarela", ucapnya.

Dalam kegiatan ini, orang nomor satu di Polres Magelang yakni Kapolres Magelang AKBP Ronald A Purba juga ikut sebagai pendonor.