Firli Minta Pegawai KPK yang Dilantik Jadi ASN Menjiwai Pancasila

Penyidik KPK membawa dokumen di dalam koper merah. - Bisnis/Wahyu Susanto
01 Juni 2021 17:57 WIB Setyo Aji Harjanto News Share :

Harianjogja.com, JAKARTA - Sebanyak 1.271 pegawai Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) telah resmi dilantik menjadi Aparatur Sipil Negara (ASN) pada 1 Juni 2021. Pelantikan dilakukan bertepatan dengan Hari lahir Pancasila.

Dalam pidatonya, Ketua KPK Firli Bahuri meminta agar segenap insan KPK menjunjung tinggi nilai-nilai Pancasila.

"Kita segenap insan KPK wajib menjiwai Pancasila dalam menjalankan setiap kewajiban di mana kepastian hukum, keterbukaan, akuntabilitas, kepentingan umum, proporsionalitas, dan penghormatan terhadap hak asasi manusia," kata Ketua KPK Firli Bahuri di Gedung Juang Merah Putih, Jakarta , Selasa (1/5/2021).

BACA JUGA : Buntut Polemik TWK, Ketua KPK Firli Bahuri Bakal Diperiksa

Menurut Firli, pegawai KPK harus menjunjung tinggi nilai-nilai Pancasila agar independen dan terbebas dari pengaruh kekuasaan apapun.

"KPK berpedoman teguh terhadap nilai-nilai Pancasila agar tetap Istikomah, independen, dan bebas dari pengaruh kekuasaan apa pun dan mana pun dalam melaksanakan tugasnya," ujarnya.

Selain itu, dia menegaskan, bahwa pegawai KPK tidak boleh berkhianat saat bertugas karena menjadi tumpuan harapan masyarakat dalam melakukan pemberantasan korupsi di Indonesia.

Firli menyebut, nilai-nilai Pancasila membuat pegawai KPK untuk terus menjaga kepercayaan masyarakat. Dia pun meminta para pegawai terus memberantas korupsi selama bergabung dengan KPK. Dia pun meminta agar pemberantasan korupsi tidak meredup hanya karena menjadi ASN.

BACA JUGA : Demo Dukung Firli Dinilai Mirip Demo Dukung Revisi UU KPK 

"Kami pesan melalui mimbar ini, setiap insan KPK teruslah berkomitmen melakukan pemberantasan korupsi tanpa pengaruh dari kekuasaan apapun," ucap Firli.

Sebanyak 1.271 pegawai KPK telah resmi menjadi ASN pasca dilakukannya pelantikan dan sumpah jabatan yang digelar di Gedung Merah Putih.

Pelantikan ini diiktui oleh Sekretaris Jenderal (Sekjen) KPK Cahya Hardianto Harefa dan Deputi Pencegahan KPK, Pahala Nainggolan. Keduanya secara simbolis mengucap sumpah jabatan yang dipimpin oleh Ketua KPK Firli Bahuri.

Sumber : JIBI/Bisnis Indonesia