Advertisement

Buntut Polemik TWK, Ketua KPK Firli Bahuri Bakal Diperiksa Dewan Pengawas

Newswire
Senin, 31 Mei 2021 - 14:17 WIB
Bhekti Suryani
Buntut Polemik TWK, Ketua KPK Firli Bahuri Bakal Diperiksa Dewan Pengawas Ketua KPK Firli Bahuri - Antara

Advertisement

Harianjogja.com, JAKARTA- Tes Wawasan Kebangsaan (TWK) untuk pegawai KPK menjadi sorotan publik dan berujung pelaporan ke Dewan Pengawas.

Ketua Dewan Pengawas (Dewas) Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK), Tumpak Hatorangan Panggabean, mengakui pihaknya telah menerima pegaduan dari perwakilan 75 pegawai lembaga antikorupsi itu terkait polemik tes wawasan kebangsaan (TWK).

Advertisement

"Kami sudah menerima pengaduan perwakilan 75 pegawai KPK yang dinyatakan TMS dan saat ini sedang kami lakukan pemeriksaan," ujar Tumpak dalam jumpa pers di Gedung ACLC, Jakarta, Senin (31/5/2021).

Tumpak menjelaskan, pelaporan tersebut berisi pelanggaran etik yang dilakukan pimpinan KPK yakni Firli Bahuri dkk dalam menerbitkan peraturan yang berhubungan dengan masalah TWK.

BACA JUGA: Jadi Makelar Kasus, Polisi Penyidik KPK Robin Pattuju Diberhentikan Tidak Hormat

"Untuk itu kami sudah mengumpulkan bahan keterangan dan akan berlanjut terus karena ini banyak yang akan diperiksa," ucapnya.

Terkait tanggapan dari beberapa anggota Dewas lainnya, kata Tumpak, hal tersebut merupakan pendapat pribadi. Tumpak menegaskan, Dewas belum pernah mengeluarkan pernyataan secara resmi.

Pihaknya saat ini hanya fokus untuk pemeriksaan beberapa pihak terkait polemik TWK tersebut di antaranya pimpinan KPK Firli Bahuri dkk dan salah satu anggota Dewas Indriyanto Seno Adji.

"Dewas belum pernah berpendapat, masih dalam pemeriksaan. Pemeriksaan yang berhubungan dengan pelanggaran kode etik yang dilaporkan 75 orang TMS itu. Bahkan, bukan hanya pada pimpinan, tapi pada salah satu anggota dewas (Indriyanto) itu juga dilaporkan melanggar kode etik dan kami pemeriksa," ucapnya.

"Oleh karena itu karena pemeriksaan masih berlangsung, tentu Dewas belum dapat memmberi pendapat. Kalau ada pernyataan dari anggota dewas, menurut kami itu pendapat pribadi," ujarnya.

Artikel ini telah tayang di Okezone.com berjudul "Terima Aduan Pegawai KPK Tak Lolos TWK, Dewas Bakal Periksa Firli dan Seno Adji"

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber : Okezone.com

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

alt

Dukung Kelestarian Lingkungan, Pemda DIY Mulai Terapkan Program PBJ Berkelanjutan

Jogja
| Kamis, 28 Maret 2024, 16:17 WIB

Advertisement

alt

Mengenal Pendopo Agung Kedhaton Ambarrukmo, Kediaman Sultan Hamengku Buwono VII

Wisata
| Senin, 25 Maret 2024, 20:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement