Advertisement

5 Tips Pencegahan Virus Corona saat Lebaran di Rumah

Yuliana Hema
Rabu, 12 Mei 2021 - 23:57 WIB
Budi Cahyana
5 Tips Pencegahan Virus Corona saat Lebaran di Rumah Pencegahan virus corona (Covid-19) bisa dilakukan dengan menggunakan masker. - Unicef

Advertisement

Harianjogja.com, JAKARTA - Perayaan Lebaran tahun ini masih harus dijalankan di rumah. Kendati begitu, pencegahan penularan virus Corona (Covid-19) harus tetap dilakukan.

Untuk mendukung upaya pemerintah memutus rantai penularan, masyarakat juga harus tetap memperhatikan protokol kesehatan. Terlebih, perayaan lebaran menjadi salah satu momen yang dikhawatirkan memicu adanya peningkatan kasus baru.

Advertisement

Oleh karena itu, ada beberapa cara yang bisa dilakukan ketika merayakan Lebaran saat pandemi. Mengutip dari Centers for Disease Control and Prevention, Rabu (12/5/2021), berikut lima tips pencegahan virus corona atau Covid-19 saat di rumah saja selama lebaran.

1. Gunakan Masker

Meski umumnya masker digunakan saat pergi keluar, anda juga perlu menggunakan masker ketika rumah Anda kedatangan tamu. Kenakan masker Anda di atas hidung dan mulut Anda dan kencangkan di bawah dagu Anda.

2. Jaga Jarak

Hindari kontak dekat dengan orang yang sakit. Jika memungkinkan, pertahankan jarak 6 kaki antara orang yang sakit dan anggota rumah tangga lainnya.

3. Cuci Tangan Sesering Mungkin

Sering-seringlah mencuci tangan dengan sabun dan air setidaknya selama 20 detik terutama setelah Anda berada di tempat umum, atau setelah membuang ingus, batuk, atau bersin.

Jika sabun dan air tidak tersedia, gunakan pembersih tangan yang mengandung setidaknya 60% alkohol. Hindari menyentuh mata, hidung, dan mulut Anda dengan tangan yang belum dicuci.

4. Bersihkan Permukaan Benda

Bersihkan permukaan dengan sentuhan tinggi setiap hari. Ini termasuk meja, knop pintu, saklar lampu, pegangan, meja, telepon, keyboard, toilet, dan bak cuci piring. Jika permukaan kotor, bersihkan menggunakan sabun dan air sebelum desinfeksi.

5. Pantau Kesehatan Setiap Hari

Waspadai gejalanya, seperti demam, batuk, sesak napas, atau gejala  Covid-19 lainnya. Ukur suhu tubuh Anda jika gejala berkembang. Ukur suhu tubuh Anda jika gejala berkembang. Hindari mengukur suhu dalam waktu 30 menit setelah berolahraga atau setelah minum obat yang dapat menurunkan suhu Anda.

pencegahan covid virus corona lebaran

Tetaplah kenakan masker saat tamu atau keluarga mengunjungi rumah. Hal itu dilakukan untuk pencegahan Covid-19 atau virus corona./ilustrasi

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber : JIBI/Bisnis Indonesia

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

alt

AJARAN AGAMA: Generasi Milenial Dinilai Penting Belajar Fikih

Bantul
| Rabu, 24 April 2024, 21:37 WIB

Advertisement

alt

Rekomendasi Menyantap Lezatnya Sup Kacang Merah di Jogja

Wisata
| Sabtu, 20 April 2024, 07:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement