Waspadai! Gejala Sakit Liver Bisa Dilihat dari Kulit

Perlemakan hati - istimewa
29 April 2021 21:17 WIB Mia Chitra Dinisari News Share :

Harianjogja.com, JAKARTA - Penyakit hati berlemak atau gangguan liver adalah kondisi serius yang biasanya tanpa gejala. Namun, penelitian menunjukkan bahwa orang dengan psoriasis berisiko lebih besar terkena, apa saja gejalanya?

Pada stadium awal biasanya tidak menyebabkan kerusakan apa pun, tetapi dapat menyebabkan kerusakan hati yang serius, termasuk sirosis, jika tidak ditangani.

Ada sejumlah faktor risiko yang dapat berkontribusi pada penyakit ini.

Telah terbukti bahwa pasien psoriasis memiliki peningkatan kejadian penyakit hati berlemak nonalkohol dibandingkan orang tanpa psoriasis.

Psoriasis adalah kondisi kulit yang menyebabkan bercak merah, bersisik, dan berkerak yang ditutupi sisik keperakan.

Sebuah ulasan yang diterbitkan dalam Journal of Clinical and Aesthetic Dermatology mengutip sejumlah penelitian yang menghubungkan psoriasis dengan gangguan liver.

Beberapa studi observasi berbasis rumah sakit menunjukkan bahwa pasien dengan psoriasis 1,5 kali lipat hingga tiga kali lipat lebih mungkin untuk memiliki gangguan liver, tinjauan tersebut menemukan.

Dalam sebuah studi prospektif di Italia, 59 persen pasien psoriatis didiagnosis dengan gangguan liver.

Itu secara signifikan berkorelasi dengan sindrom metabolik, obesitas, dan arthritis psoriatis.

Penemuan ini signifikan karena sindrom metabolik (istilah medis untuk kombinasi diabetes, tekanan darah tinggi dan obesitas) dan obesitas juga merupakan faktor risiko gangguan liver.

Terlebih lagi, ulasan tersebut juga mengutip penelitian lain yang berusaha untuk menetapkan apakah psoriasis merupakan faktor risiko independen untuk gangguan liverdan tidak hanya terkait dengan kondisi metabolisme, seperti obesitas.

Masalah ini diteliti dalam studi Rotterdam, studi kohort berbasis populasi prospektif, yang mencakup pasien berusia 55 tahun ke atas di Belanda.

Psoriasis secara independen dikaitkan dengan kemungkinan peningkatan gangguan liversebesar 70 persen. Terlebih lagi, pasien psoriasis 60 persen lebih mungkin untuk memiliki bentuk penyakit hati yang lebih parah.

Faktor risiko lain untuk gangguan liver, yakni kondisi metabolik lain yang terkait dengan gangguan livermeliputi:

1. Resistensi insulin, di mana sel Anda tidak mengambil gula sebagai respons terhadap hormon insulin
2. Gula darah tinggi (hiperglikemia), menandakan pradiabetes atau diabetes tipe 2
3. Kadar lemak tinggi, terutama trigliserida, di dalam darah.

"Masalah kesehatan gabungan ini tampaknya meningkatkan timbunan lemak di hati," jelas Mayo Clinic.

"Bagi sebagian orang, lemak berlebih ini bertindak sebagai racun bagi sel hati, menyebabkan peradangan hati dan NASH, yang dapat menyebabkan penumpukan jaringan parut di hati."

Bisakah gangguan liverdirawat? Sayangnya, belum ada perawatan khusus untuk gangguan liver.

"Dokter Anda akan mendorong Anda untuk melakukan perubahan gaya hidup untuk mencegah kondisi Anda semakin parah," jelas Bupa.

Ada banyak penelitian yang sedang dilakukan untuk mencoba menemukan pengobatan, terutama untuk orang dengan fibrosis dan peradangan hati stadium lanjut.

Ada berbagai obat yang berguna dalam menangani masalah yang terkait dengan gangguan liver.

"Misalnya, dokter Anda mungkin merekomendasikan obat-obatan untuk mengobati tekanan darah tinggi, kolesterol tinggi, dan diabetes tipe 2 jika Anda memiliki kondisi ini," jelas Bupa.

Sumber : Bisnis.com