Guru PAUD Heroik Terima Penghargaan Askrindo PAUD Institute Awards

Direktur Kepatuhan dan SDM PT Askrindo, Kun Wahyu Wardhana memberikan penghargaan pada Guru PAUD heroik dalam Askrindo PAUD Institute Awards di Command Center Setda Kabupaten Magelang, Sabtu (3/4/2021). - Harian Jogja/Nina Atmasari
03 April 2021 19:17 WIB Nina Atmasari News Share :

Harianjogja.com, MAGELANG- Puluhan guru Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) yang berasal dari berbagai daerah di Indonesia mendapatkan penghargaan sebagai bentuk apresiasi atas jasa mereka terhadap literasi. Penghargaan diberikan oleh PT Askrindo yang bersama dengan PAUD Institute dalam Askrindo PAUD Institute Awards 2021.

Penyerahan penghargaan dipusatkan di Command Center Setda Kabupaten Magelang, Sabtu (3/4/2021). Ada tujuh kategori penghargaan yang diberikan yaitu Guru PAUD Heroik, Guru Inovatif, Guru PAUD Kreatif, Guru Mencipta Lagu, Guru PAUD Mendongeng, Paduan Suara Guru PAUD dan Pengelola PAUD Inovatif.

Direktur Kepatuhan dan SDM PT Askrindo, Kun Wahyu Wardhana mengatakan Askrindo bergerak dalam bidang asuransi, yang terlibat pemulihan ekonomi nasional melalui penjaminan serta memberi support membangun usaha-usaha.

"Namun demikian kami juga memiliki kepedulian dalam program tanggung jawab sosial, salah satunya peduli terhadap pendidikan. Oleh karena itu PAUD Awards ini kita gagas," katanya.

Baca juga: Bermanfaat bagi Kesehatan Anak, Yogurt Juga Bisa Jadi Camilan

Ia yakin award ini tidak menjadi motif utama para guru PAUD untuk tetap berdedikasi dalam PAUD namun pihaknya memberikan apresiasi pada guru PAUD yang mendidik anak-anak agar tidak hanya cerdas secara IQ tetapi juga cerdas secara emosional dan cerdas secara spiritual.

Kun Wahyu berharap guru-guru PAUD lebih termotivasi kembali dan lebih kreatif lagi karena mengajar dalam pandemi secara daring ini menuntut kreativitas. "Kita sudah buktikan hasilnya, dari guru-guru ini kreatif, mereka bisa keluar dari kesulitan yang ada, dengan metode pembelajaran yang tepat untuk anak-anak kita," katanya.

Bupati Magelang, Zaenal Arifin menyampaikan apresiasi pada Askrindo atas penyelenggaraan Askrindo PAUD Institute Awards 2021 ini. Menurutnya, pemberian penghargaan ini memberi memberi spirit dan semangat pada bunda-bunda PAUD dalam memberikan pembelajaran pada anak-anak.

Baca juga: Warga Indonesia, Presiden Jokowi Minta Masukan Pradesain Istana Negara

"Untuk mewujudkan Indonesia Emas tahun 2045, ini membutuhkan dukungan dari semua lini. Askrindo hadir bergerak di bidang perekonominan. Untuk menuju Indonesia Emas, Askrindo membutuhkan generasi emas maka hadir di sini bersama membangun negeri ini menuju Indonesia Emas itu," katanya.

Bunda PAUD Kabupaten Magelang, Christanti Zaenal Arifin mengatakan penghargaan ini akan menambah semangat dan motivasi bagi pendidik PAUD di seluruh indonesia. "Kategorinya banyak yang sudah masuk dan mewakili kreativitas dan inovasi," katanya.

Ketua Panitia Askrindo PAUD Institute Awards 2021, Danang Sasongko mengatakan ada 760 guru PAUD yang mengirim naskah dan video untuk keseluruhan nominasi ini. Pengirim berupakan guru PAUD dari seluruh Indonesia.

"Perjuangan para guru PAUD luar biasa, ada yang harus melintasi sungai, ajak anak-anak belajar lewat hutan dan jalan berlumpur. Mereka juga kreatif, bagaimana mereka mengajar di era pandemi, ada merintis dongeng akhlak. Semoga kegiatan ini bisa berlanjut," kata Danang yang juga Direktur PAUD Institute.