Iriana Jokowi Dinobatkan Jadi Wanita Paling Berpengaruh Menurut Iconomics Inspiring Women 2021

Ibu Negara Iriana Joko Widodo (kedua kanan) dalam rangka memperingati Hari Kartini. /ANTARA FOTO - Ardi Kuncoro
01 April 2021 21:57 WIB Andhika Anggoro Wening News Share :

Harianjogja.com, JAKARTA - Iconomics sebagai entitas komunikasi dan riset memilih Iriana Joko Widodo sebagai wanita paling berpengaruh dalam penghargaan Iconomics Inspiring Women 2021.

Menurut Founder & CEO Iconomics, Iconomics Inspiring Women ini adalah sebuah apresiasi dari Iconomics kepada pemimpin/founder/direktur perempuan terbaik di Indonesia 2020 yang secara aktif berkontribusi bagi institusi tempat mereka beraktivitas dan menjadi inspirasi bagi banyak orang.

“Penghargaan ini diharapkan mampu memberikan inspirasi bagi pemimpin/founder/direktur perempuan di Indonesia untuk mampu merumuskan strategi bisnis dan strategi kebijakan sesuai karakterstik dan kekuatan sebagai tokoh wanita menghadapi masalah-masalah dimasa krisis pandemi Covid-19 serta ataupun masa paska pandemi kedepannya,” kata Bram dalam keterangan resmi kepada Bisnis-jaringan Harianjogja.com, Kamis (1/4/2021).

BACA JUGA: Vaksin Covid-19 di Kota Jogja Sudah Menipis

Untuk memilih tokoh Inspiring Women 2021, Iconomics melakukan proses seleksi. Untuk menentukan pemimpin/founder/direktur perempuan yang terpilih, tim riset Iconomics melakukan penelitian dan didukung data media monitoring pada periode Januari-Februari 2021.

Kriteria umum dalam pemilihan pemimpin/founder/direktur perempuan di Indonesia adalah wanita dengan warga negara Indonesia; pernah bekerja di industri yang sama/sejenis minimal 3 tahun; tidak tersangkut kasus hukum atau pelanggaran hukum.

Sedangkan tokoh wanita yang terpilih dalam award ini ialah wanita yang memiliki kriteria dan keunggulan sebagai berikut pertama, menginspirasi orang lain melalui kerja, ide, dan hasil karya serta berprestasi yang diakui secara nasional.

Kedua, mampu menunjukkan passion dan komitmen, serta nilai pembeda. Ketiga, berhasil menunjukkan kepemimpinan dan kesuksesan selama bertahun-tahun di bidangnya.

Keempat, dikenal memiliki kepribadian yang menonjol dan memiliki rekam jejak dalam hal pengembangan masyarakat. Kelima, tokoh yang dikenal luas dan dianggap mampu berkontribusi pada kemajuan proses bisnis internal institusinya sehingga berdampak positif bagi kemajuan/profitabilitas bisnis.

Keenam, dikenal memiliki inovasi atau mendorong perubahan yang dapat mendisrupsi kegiatan yang dilakukan sebagai business as usual. Ketujuh, dikenal sebagai tokoh yang memiliki ide baru atau pemikiran baru yang berdampak positif bagi bidang kegiatannya baik di lingkuan industri atau masyarakat sekitarnya

Sumber : Bisnis.com