Kisah Bang Jack, Mantan Perakit Bom Anak Buah Azhari yang Kini Jadi Peracik Soto

Eks teroris Jack Harun kini berdagang soto di Sukoharjo Jawa Tengah. - Instagram
17 Maret 2021 08:27 WIB Nugroho Meidinata News Share :

Harianjogja.com, SUKOHARJO - Ada yang menarik dari unggahan instagram Gubernur Jawa Tengah, Ganjar Pranowo. Ganjar mengunggah tentang Soto Bang Jack di Sukoharjo.

Sebetulnya, Soto Bang Jack ini sama seperti soto-soto lainnya. Namun, ada cerita unik nan menarik dari penjual soto yang berlapak di Gang Kurma 6, Tangkil Baru, Manang, Grogol, Sukoharjo, Jawa Tengah itu.

Siapa sangka ternyata penjual soto Bang Jack di Sukoharjo adalah mantan peracik bom dan anak buah dari Dr Azhari? Bahkan, pernah dipenjara selama enam tahun akibat terlibat dalam Bom Bali 1 pada 2002 silam.

Baca juga: Soal Jabatan Presiden 3 Periode, Pakar Politik UGM Sebut Ada Risiko Besar

"2002 terlibat di Bom Bali 1. Saya dibagian timer dan meramunya, seperti mengetahui bom itu meledak berapa menit dan mau dibikin seperti apa. Itu saya langsung ke Dr Azhari," ujar dia dalam video yang tayang di akun Instagram resmi miliki Ganjar Pranowo, @ganjar_pranowo.

Bang Jack mengaku sudah lima tahun ini membuka usaha soto di Sukoharjo.

"Dulu katanya ahli meracik, nah kita racik soto sekarang," tambah dia.

Baca juga: Presiden Jokowi Sebut Pariwisata Bali Bisa Dibuka Juli 2021, Asal...

Bukan hanya sekadar berjualan soto di Sukoharjo, Bang Jack juga diajak Ganjar Pranowo untuk menjadi pembicara dalam menanggulangi bahaya terorisme dan radikalisme.

"Ini model repatriasi yang bagus. Mas Jack ini sebenarnya lebih banyak lagi. Dia tidak hanya soal entrepeneur dia dalam jualan sotonya. Seringkali dia kita minta kolaborasi bahaya terorisme radikalisme termasuk ciri-cirinya dan penanganannya," ujar Ganjar.

Sebagai informasi, soto yang dijual Bang Jack di Manang, Grogol, Sukoharjo ini terbilang murah. Ada dua jenis soto di warung ini, yakni soto ayam dan sapi.

Sumber : Bisnis.com