Advertisement

Kisah Bang Jack, Mantan Perakit Bom Anak Buah Azhari yang Kini Jadi Peracik Soto

Nugroho Meidinata
Rabu, 17 Maret 2021 - 08:27 WIB
Nina Atmasari
Kisah Bang Jack, Mantan Perakit Bom Anak Buah Azhari yang Kini Jadi Peracik Soto Eks teroris Jack Harun kini berdagang soto di Sukoharjo Jawa Tengah. - Instagram

Advertisement

Harianjogja.com, SUKOHARJO - Ada yang menarik dari unggahan instagram Gubernur Jawa Tengah, Ganjar Pranowo. Ganjar mengunggah tentang Soto Bang Jack di Sukoharjo.

Sebetulnya, Soto Bang Jack ini sama seperti soto-soto lainnya. Namun, ada cerita unik nan menarik dari penjual soto yang berlapak di Gang Kurma 6, Tangkil Baru, Manang, Grogol, Sukoharjo, Jawa Tengah itu.

Advertisement

Siapa sangka ternyata penjual soto Bang Jack di Sukoharjo adalah mantan peracik bom dan anak buah dari Dr Azhari? Bahkan, pernah dipenjara selama enam tahun akibat terlibat dalam Bom Bali 1 pada 2002 silam.

Baca juga: Soal Jabatan Presiden 3 Periode, Pakar Politik UGM Sebut Ada Risiko Besar

"2002 terlibat di Bom Bali 1. Saya dibagian timer dan meramunya, seperti mengetahui bom itu meledak berapa menit dan mau dibikin seperti apa. Itu saya langsung ke Dr Azhari," ujar dia dalam video yang tayang di akun Instagram resmi miliki Ganjar Pranowo, @ganjar_pranowo.

Bang Jack mengaku sudah lima tahun ini membuka usaha soto di Sukoharjo.

"Dulu katanya ahli meracik, nah kita racik soto sekarang," tambah dia.

Baca juga: Presiden Jokowi Sebut Pariwisata Bali Bisa Dibuka Juli 2021, Asal...

Bukan hanya sekadar berjualan soto di Sukoharjo, Bang Jack juga diajak Ganjar Pranowo untuk menjadi pembicara dalam menanggulangi bahaya terorisme dan radikalisme.

"Ini model repatriasi yang bagus. Mas Jack ini sebenarnya lebih banyak lagi. Dia tidak hanya soal entrepeneur dia dalam jualan sotonya. Seringkali dia kita minta kolaborasi bahaya terorisme radikalisme termasuk ciri-cirinya dan penanganannya," ujar Ganjar.

Sebagai informasi, soto yang dijual Bang Jack di Manang, Grogol, Sukoharjo ini terbilang murah. Ada dua jenis soto di warung ini, yakni soto ayam dan sapi.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber : Bisnis.com

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

alt

12 Kampung Jadi Kampung Panca Tertib Tahun Ini

Jogja
| Selasa, 19 Maret 2024, 11:47 WIB

Advertisement

alt

Ribuan Wisatawan Saksikan Pawai Ogoh-Ogoh Rangkaian Hari Raya Nyepi d Badung Bali

Wisata
| Senin, 11 Maret 2024, 06:07 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement