Advertisement

Setahun Covid-19 di Indonesia, 3 Daerah Ini Tak Terjamah Corona

Mutiara Nabila
Rabu, 03 Maret 2021 - 19:27 WIB
Bhekti Suryani
Setahun Covid-19 di Indonesia, 3 Daerah Ini Tak Terjamah Corona Juru Bicara Satgas Covid-19 Wiku Adisasmito. - Antara

Advertisement

Harianjogja.com, JAKARTA — Indonesia sudah genap setahun dihadapkan pada tantangan penyebaran virus Corona atau Covid-19. Satuan Tugas Penanganan Covid-19 mencatat masih ada wilayah tersisa yang tak terjamah virus Corona.

Juru Bicara Satgas Penanganan Covid-19 Wiku Adisasmito menyebutkan sampai dengan 28 Februari 2021, ada 3 daerah masih menjadi zona hijau tak terdampak Covid-19, yaitu daerah Puncak, Dogiyai, dan Intan Jaya di Papua.

Advertisement

Sementara itu, 8 daerah lainnya yang masuk zona hijau lantaran tak lagi mencatatkan kasus Covid-19 termasuk Nias Utara dan Nias Selatan.

Selain itu, kondisi yang sama tercatat di di Papua ada Merauke, Tolikara, Waropen, Yalimo, dan Pegunungan Arfak, serta di Maluku yakni di Seram bagian Timur.

Kendati demikian, Wiku mengatakan bahwa masih terdapat perbedaan dalam data yang dianalisis karena kinerja sistem pengolahan data di masing-masing daerah berbeda-beda.

BACA JUGA: Kawasan Tugu Jogja Diguyur Hujan Es Sebesar Kelereng

Sebelumnya, disebutkan di Papua ada 7 daerah yang tak terdampak Covid-19 sama sekali. Namun, data Kementerian Kesehatan menunjukkan hanya 3 daerah yang tidak terdampak wabah itu.

"Adanya perbedaan data pusat-daerah ini masih coba dievaluasi oleh Kemenkes terkait kinerja sistem pengolahan datanya demi sistem yang lebih interoperabelnya," ungkap Wiku kepada Bisnis-jaringan Harianjogja.com, Rabu (3/3/2021).

Dalam konferensi pers sebelumnya, Wiku menyebutkan peta zonasi risiko Covid-19 nasional secara kuantitatif saat ini didominasi zona oranye (sedang) dan kuning (rendah). 

Wiku Adisasmito pun berpesan agar daerah zona kuning bisa cepat masuk ke zona hijau.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber : Bisnis.com

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

alt

Joko Pinurbo Meninggal, Kemendikbudristek: Penyair Legendaris Tuai Beragam Penghargaan

Jogja
| Sabtu, 27 April 2024, 20:57 WIB

Advertisement

alt

Sandiaga Tawarkan Ritual Melukat ke Peserta World Water Forum di Bali

Wisata
| Sabtu, 20 April 2024, 19:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement