Tes GeNose Tersedia di Stasiun Gubeng Surabaya & Malang

Calon penumpang kereta api mengikuti pemeriksaan sampel napas Genose C19 di Stasiun Pasar Senen, Jakarta, Kamis (4/2/2021). - Bisnis/Himawan L Nugraha
28 Februari 2021 11:37 WIB Newswire News Share :

Harianjogja.com, JAKARTA - PT Kereta Api Indonesia (Persero) Daerah Operasi (KAI Daop) 8 Surabaya menambah fasilitas pemeriksaan GeNose C19 atau alat deteksi Covid-19 di dua stasiun, yakni Stasiun Gubeng dan Malang. Sebelumnya, layanan serupa juga sudah tersedia di Stasiun Pasarturi, Surabaya.

Manajer Humas PT KAI Daop 8 Luqman Arif mengatakan layanan GeNose di Stasiun Surabaya Gubeng tersedia mulai pukul 07.00 WIB sampai 18.00 WIB dan untuk Stasiun Malang mulai pukul 07.00 WIB sampai 16.00 WIB. Layanan GeNose tersedia setiap hari dengan biaya Rp20.000.

BACA JUGA : Akurasi GeNose Buatan UGM Terus Dikembangkan

"Penambahan stasiun yang melayani pemeriksaan GeNose C19 ini merupakan peningkatan pelayanan yang kami berikan bagi pelanggan dalam rangka pemenuhan persyaratan perjalanan kereta api," katanya seperti dikutip dari Antara, Minggu (28/2/2021).

Sebagaimana diketahui, sesuai SE Kemenhub No 20 Tahun 2021, pelanggan kereta api (KA) jarak jauh diwajibkan menunjukkan surat keterangan negatif GeNose C19 atau tes cepat antigen atau RT-PCR yang sampelnya diambil dalam kurun waktu maksimal 3x24 jam sebelum jam keberangkatan.

Khusus untuk keberangkatan selama libur panjang atau libur keagamaan, sampelnya diambil dalam kurun waktu maksimal 1x24 jam sebelum jam keberangkatan. Bagi pelaku perjalanan di bawah umur 5 (lima) tahun tidak diwajibkan untuk tes RT-PCR atau tes genose sebagai syarat perjalanan.

KAI akan memastikan bahwa yang dapat naik KA adalah pelanggan yang dalam kondisi sehat dan memenuhi persyaratan sesuai ketentuan pemerintah. Per 28 Februari 2021, total ada 12 stasiun di Indonesia yang menyediakan layanan pemeriksaan GeNose C19.

BACA JUGA : GeNose Bisa Dongkrak Prariwisata Jogja

Adapun ke-12 stasiun tersebut yaitu Stasiun Pasarsenen, Gambir, Bandung, Cirebon, Purwokerto, Semarang Tawang, Yogyakarta, Solobalapan, Madiun, Surabaya Pasarturi, Surabaya Gubeng, dan Malang.

Meski layanan Genose C19 diminati masyarakat, KAI Daop 8 Surabaya juga masih menyediakan rapid tes antigen seharga Rp105.000 di 5 stasiun yaitu Stasiun Surabaya Gubeng, Stasiun Surabaya Pasarturi, Stasiun Malang, Stasiun Sidoarjo, dan Stasiun Mojokerto.

"Jadi pelanggan bisa memilih ingin menggunakan layanan Rapid Test Antigen atau GeNose C19. Penambahan penyediaan layanan ini juga merupakan perwujudan dari dukungan KAI bangga buatan Indonesia,” kata Luqman.

Sumber : JIBI/Bisnis Indonesia