Advertisement

China Tolak Beri Data Awal kepada Tim WHO Terkait Virus Corona

John Andhi Oktaveri
Minggu, 14 Februari 2021 - 09:27 WIB
Sunartono
China Tolak Beri Data Awal kepada Tim WHO Terkait Virus Corona Suasana di salah satu titik Kota Wuhan, China menjelang akhir tahun 2020. /-Roman Pilipey/EPA - Guardian

Advertisement

Harianjogja.com, JAKARTA - China menolak memberikan data awal tentang kasus pertama Covid-19 merebak kepada tim penyelidik asal-usul pandemi yang dipimpin Organisasi Kesehatan Dunia (WHO), ujar salah satu anggota tim.

Tim WHO telah meminta data awal atau data mentah pasien atas 174 kasus yang telah diidentifikasi China dari fase awal wabah di kota Wuhan pada Desember 2019. Begitu juga dengan sejumlah data kasus lainnya, tetapi hanya diberikan ringkasan, kata Dominic Dwyer, seorang warga Australia yang merupakan ahli penyakit menular.

Advertisement

BACA JUGA : Sultan Terima dengan Terbuka Warga DIY yang Pulang

Data mentah seperti itu dikenal sebagai daftar urut, katanya, dan biasanya nama mereka tidak disebut, tetapi berisi rincian seperti pertanyaan apa yang diajukan kepada pasien secara individu, bagaimana tanggapan mereka dan bagaimana tanggapan mereka dianalisis.

“Itu adalah praktik standar untuk penyelidikan wabah,” katanya sepergi dikutip Aljazeera.com, Minggu (14/2/2021).

Dia mengatakan bahwa mendapatkan akses ke data mentah sangat penting karena hanya setengah dari 174 kasus yang terpapar ke pasar Huanan, pusat grosir makanan laut yang sekarang ditutup di Wuhan tempat virus itu awalnya terdeteksi.

BACA JUGA : Ternyata, Tadi Malam Wuhan Merayakan Tahun Baru secara

Itu sebabnya kami bersikeras meminta itu, kata Dwyer. "Mengapa itu tidak terjadi, saya tidak bisa berkomentar. Entah karena alasan politik atau waktu atau sulit. Tapi apakah ada alasan lain mengapa datanya tidak tersedia, saya tidak tahu. Seseorang hanya akan berspekulasi."

Misi empat minggu WHO ke China untuk mengungkap asal-usul virus corona telah diselesaikan awal pekan ini tanpa temuan yang meyakinkan.

Meski otoritas China memberikan banyak materi, tetapi Dwyer mengatakan masalah akses ke data pasien mentah akan tetap disebutkan dalam laporan akhir tim.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber : aljazeera.com

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

alt

Masa Jabatan Lurah Diperpanjang, Apdesi Bantul: Harus Dioptimalkan Untuk Peningkatan Kinerja Lurah

Bantul
| Jum'at, 29 Maret 2024, 13:57 WIB

Advertisement

alt

Mengenal Pendopo Agung Kedhaton Ambarrukmo, Kediaman Sultan Hamengku Buwono VII

Wisata
| Senin, 25 Maret 2024, 20:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement